Desa Tertinggal Di Rejang Lebong Harus Maksimalkan DD

Daerah  JUM'AT, 10 AGUSTUS 2018 , 11:27:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Desa Tertinggal Di Rejang Lebong Harus Maksimalkan DD

RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Berdasarkan data dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia yang diterima Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Rejang Lebong, jumlah desa sangat tertinggal diwilayah itu sebanyak 7 desa dan desa tertinggal sebanyak 20 desa.

Kepala Dinas PMD Rejang Lebong, Gunawan Firmasnyah mengatakan, selama ini pihaknya terus berupaya agar jumlah desa tertinggal diwilayah itu dapat terentakan, salah satunya dengan mendorong pemerintah desa untuk memaksimalkan pengelolaan Dana Desa (DD).

"Kita terus berupaya dan mendorong peningkatan kesejahteraan dan peningkatan ekonomi desa dengan memaksimalkan pengelolaan dana desa khususnya untuk pengembangan BUMDes," kata Gunawan kepada RMOLBengkulu, Jumat (10/8).

Dijelaskan dia, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dibentuk di setiap desa bisa menjadi salah satu pendorong perekonomian masyarakat desa, karena dengan BUMDes itu produk unggulan desa bisa dimunculkan.

Untuk itu pihaknya terus mendorong pemerintah desa untuk menggali potensi desa yang dimiliki, dengan begitu bisa menjadi tambahan pendapatan APBDes.

"Kalau BUMDes nya berjalan dan bisa menjadi sumber APBDes tentunya bisa untuk pembangunan desa itu sendiri, dan juga pembangunan yang dilakukan tidak tergantung dari DD ataupun ADDalias bisa mandiri, karena DD dan ADD yang diprogramkan pemerintah bisa saja tidak ada lagi," demikian Gunawan.

Untuk diketahui, adapun 7 desa sangat tertinggal di Rejang Lebong saat ini yakni, 3 desa di Kecamatan Sindang Beliti Ulu meliputi Desa Jabi, Desa Air Nau dan Desa Karang Pinang, kemudian 2 desa di Kecamatan Padang Ulak Tanding meliputi Desa Bukit Batu dan Desa Karang Baru, serta 2 desa di Kecamatan Sindang Beliti Ilir yaitu Desa Lubuk Belimbing II dan Desa Lubuk Bingin Baru.

Sedangkan 20 desa yang berstatus desa tertinggal yakni Desa Sinar Gunung Kecamatan Sindang Dataran, kemudian 3 desa di Kecamatan Binduriang Desa Kampung Jeruk, Desa Simpang Beliti, dan Desa Air Apo, 2 desa di Kecamatan Sindang Beliti Ulu yakni di Desa Apur dan Desa Lawang Agung.

Seterusnya 6 desa di Kecamatan Padang Ulak Tanding meliputi Desa Guru Agung, Desa Tanjung Sanai I, Desa Taba Tinggi, Desa Tanjung Sanai II, Desa Taktoi dan Desa Kasie Kasubun 2 Desa di Kecamatan Kota Padang yaitu Desa Taba Anyar, Desa Lubuk Mumpo, serta 2 desa di Kecamatan Bermani Ulu Raya yaitu Desa Air Pikat dan Desa Tebat Pulau. [nat]




Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.159): Anies Terlalu Lama Sendiri
Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 15:00:00

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Kantor Berita Politik RMOL Dikunjungi Karo Penmas Mabes Polri
PAN Setuju Uang Saksi Pemilu Dibiayai Negara

PAN Setuju Uang Saksi Pemilu Dibiayai Negara

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 13:30:00

Pelantikan PAW MPR

Pelantikan PAW MPR

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 09:51:00