Pedagang Direlokasi, Bebas Pungutan Belum Direncanakan

Daerah  JUM'AT, 10 AGUSTUS 2018 , 06:37:00 WIB | LAPORAN: OGI MANSYAH

Pedagang Direlokasi, Bebas Pungutan Belum Direncanakan

RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Jika selama ini para pedagang pasar Muara Aman di Kelurahan Pasar Muara Aman, Kecamatan Lebong Utara, Kabupaten Lebong, membayar retribusi bangunan ke Pemkab Lebong. Namun, saat direlokasi, sekitar 136 pedagang belum direncanakan bebas pungutan retribusi.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Lebong, Wuwun Mirza melalui Kabid Pendapatan, Rudi Hartono, mengatakan, pihaknya belum bisa menyimpulkan apakah akan ada retribusi di tempat relokasi atau justru sebaliknya.

Sebab, saat ini secara aturan UPTD pasar sudah masuk dalam struktur Dinas Perindag, Koperasi, dan UKM Lebong. "Namun, karena regulasi resminya belum rampung. Maka, sementara untuk retribusi pedagang di tempat relokasi belum ada," ujarnya, kepada RMOLBengkulu.

Lanjut Rudi menjelaskan, pihaknya dalam waktu dekat akan bekoordinasi dengan Dinas Perindag, Koperasi, dan UKM Lebong, terkait regulasi retribusi para pedagang di tempat baru itu.

"Selama ini, retribusi hanya berlaku di bangunan pasar Muara Aman. Karena bangunan ini nanti akan dikosongkan, maka perlu pembahasan lebih lanjut dengan OPD terkait," demikian Rudi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindag, Koperasi, dan UKM Kabupaten Lebong, M Syahroni, saat dikonfirmasi belum lama ini, membenarkan jika UPTD pasar secara aturan sudah masuk dalam struktur pihaknya.

"Ya, tapi itu perlu dibahas lebih lanjut. Karena, saat ini perbup juga masih disusun," singkat Syahroni.

Sebelumnya, rencana pengosongan bangunan Pasar Muara Aman akan dilakukan bulan Agustus 2018 ini. Itupun, menyusul akan dibangun Pasar Tradisional Modern (PTM) dengan menguras Rp 16,8 Miliar APBD Lebong Tahun Anggaran (TA) 2018. Imbasnya, ada 136 pedagang yang akan direlokasi ke bangunan yang sudah disediakan Pemkab Lebong. [ogi]

Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.159): Anies Terlalu Lama Sendiri
Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 15:00:00

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Kantor Berita Politik RMOL Dikunjungi Karo Penmas Mabes Polri
PAN Setuju Uang Saksi Pemilu Dibiayai Negara

PAN Setuju Uang Saksi Pemilu Dibiayai Negara

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 13:30:00

Pelantikan PAW MPR

Pelantikan PAW MPR

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 09:51:00