Tiga Raperda Disetujui Dewan

Advertorial  RABU, 08 AGUSTUS 2018 , 10:10:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Tiga Raperda Disetujui Dewan
RMOLBengkulu. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebong, menggelar rapat paripurna untuk penyampaian pandangan akhir fraksi - fraksi atas lima Rancangan peraturan daerah (Raperda) yang disampaikan pihak eksekutif, Selasa (7/8) siang.

Dari lima Raperda yang diusulkan. Hanya tiga Raperda yang disahkan, yaitu perda tentang Kawasan Tanpa Rokok, Raperda tentang Hak Protokoler Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Lebong, dan Raperda tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah Kabupaten Lebong.

Sedangkan, Raperda tentang Perubahan Atas Perda Nomor 10 Tahun 2012 tentang Retiribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga, serta Raperda tentang Penyertaan Modal Daerah pada Bank Bengkulu, belum disetujui.

Keempat Fraksi hanya menyetujui 3 Raperda, yaitu Fraksi Golkar, Demokrat, PDIP, dan Fraksi PKB. Sedangkan, Fraksi NasDem dan Fraksi Hanura menerima secara keseluruhan dari 5 Raperda yang disampaikan pihak eksekutif tersebut.

Ketua DPRD Lebong, Teguh Raharjo Eko Purwoto, menyampaikan, pembentukan perda merupakan bagian dari pelaksanaan fungsi legislasi DPRD. Namun begitu, efektivitas fungsi tersebut tidak diukur dari banyaknya perda yang telah dibuat. Penyusunan dan pengesahan Perda harus sesuai dengan kebutuhan hukum masyarakat.

"Berdasarkan hasil pandangan akhir 6 fraksi DPRD, maka melalui surat keputusan DPRD Lebong nomor 05 Tahun 2018, maka hanya tiga Raperda yang kita sahkan menjadi Perda," sampai Teguh.

Ditambahkan Teguh, sementara 2 Raperda lainnya yakni Raperda tentang Perubahan Atas Perda Nomor 10 Tahun 2012 tentang Retiribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga serta Raperda tentang Penyertaan Modal Daerah pada BPD Bank Bengkulu. Berdasarkan pandangan akhir fraksi tersebut, perlu dibahas lebih lanjut pada rapat paripurna berikutnya.

"Raperda yang telah disahkan diharapkan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan memberi manfaat yang optimal kepada masyarakat. Untuk itu, diharapkan seluruh elemen dapat ikut memantau penerapan dan pelaksanaan Perda yang telah disahkan," tandasnya.

Pantauan RMOLBengkulu, Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Lebong, Teguh Raharjo EP, didampingi Waka I DPRD Lebong, Mahdi beserta dihadiri 16 anggota DPRD Lebong lainnya. Dalam rapat paripurna turut juga hadir langsung Bupati Lebong,  Rosjonsyah, serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Lebong, sejumlah perwakilan  OPD dan undangan lainnya. [tmc/adv]



Bupati Lebong, Rosjonsyah Saat Menyampaikan Kata Sambutan

Perwakilan Fraksi Saat Menyampaikan Pandangan Akhir

Tampak Anggota DPRD Lebong, Saat Mengikuti Berjalannya Rapat Paripurna Pandangan Akhir Fraksi

Penandatanganan SK DPRD Lebong Atas Pengesahan 3 Raperda Yang Telah Disahkan


Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.159): Anies Terlalu Lama Sendiri
Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 15:00:00

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Kantor Berita Politik RMOL Dikunjungi Karo Penmas Mabes Polri
PAN Setuju Uang Saksi Pemilu Dibiayai Negara

PAN Setuju Uang Saksi Pemilu Dibiayai Negara

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 13:30:00

Pelantikan PAW MPR

Pelantikan PAW MPR

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 09:51:00