Polres Siap Amankan Pilkades Serentak 13 Desa Di Lebong

Daerah  KAMIS, 02 AGUSTUS 2018 , 10:00:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Polres Siap Amankan Pilkades Serentak 13 Desa Di Lebong

RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Kepolisian Resor (Polres) Lebong siap mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2018 di 13 desa di Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu, yang akan digelar pada bulan Oktober mendatang.

Kapolres Lebong, AKBP Andree Ghama Putra melalui Kabag Ops AKP Yosril Radiansyah, mengatakan, pihaknya akan bekoordinasi dengan pemda Lebong sejauh mana persiapan dan tahapan Pilkades di 13 desa tersebut.

"Intinya kita siap untuk pengamanan pelaksanaan Pilkades. Karena, sejatinya Pilkades bertujuan untuk memilih pemimpin di desa yang bisa memberi kontribusi bagi pembangunan desa," ujar Yosril, kepada RMOLBengkulu, Rabu (1/8) siang.

Disampaikannya bahwa semua desa yang menyelenggarakan Pilkades berpotensi untuk timbulnya kerawanan. Terkait, berapa personil yang akan diturunkan masih menunggu tahapan pelaksanaan pilkades.

"Kita akan sesuaikan dengan tahapan yang akan dibuat pemda. Baru, kita bisa maksimalkan jumlah personil dan sistem pengamanannya seperti apa," demikian Yosril.

Terpisah, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Lebong, Reko Haryanto, mengungkapkan, pihaknya belum dapat memastikan karena perbup pelaksanaan Pilkades di 13 desa masih disusun dan akan dibahas lintas sektor.

"Target kita bulan September Perbup sudah rampung. Karena tahapan awal direncanakan bulan Oktober, pelaksanaan November, dan pelantikan bulan desember," singkat Reko. [ogi] 

Komentar Pembaca