Benar, Bendera Yang Dipegang Zohri Pertama Kali Punya Polandia

Sport  SENIN, 16 JULI 2018 , 06:45:00 WIB | LAPORAN: OGI MANSYAH

Benar, Bendera Yang Dipegang Zohri Pertama Kali Punya Polandia

Foto: @PZLANews

RMOLBengkulu. Soal bendera merah-putih yang pertama kali dipegang  Lalu Muhammad Zohri setelah memenangkan final nomor lari 100 meter putra IAAF U20 di Tampere, Finlandia, telah terjawab
Pihak Asosiasi Atletik Polandia (PZLA) menjelaskan bahwa bendera yang dipegang Zohri adalah bendera putih-merah Polandia yang dibalik sehingga tampak seperti bendera merah-putih Indonesia.

Dia yang memenangkan medali emas 100 meter di #Tampere2018 (adalah) pelari Indonesia,” tulis PZLA dalam akun Twitter @PZLANews.

Ya, bendera ini, yang dapat Anda lihat di foto ini, adalah bendera putih-merah Polandia. Tim kami meminjamkan bendera itu,” sambung akun itu lagi.

Perdebatan mengenai bendera yang pertama dipegang Zohri itu mau tidak mau menjadi salah satu materi pembicaraan yang mengiringi kemenangannya.

Setelah dinyatakan menang dan mengalahkan dua pelari unggulan dari Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison, Zohri terlihat mencari-cari bendera merah-putih untuk diaraknya dalam selebrasi.

Zohri sempat berfoto bersama Schwartz dan Harrison yang masing-masing sudah memegang bendera kebanggaan mereka dalam ukuran besar.

Pihak KBRI di Finlandia dalam penjelasan yang sudah diberitakan di berbagai media mengatakan, bahwa bendera merah-putih yang dipegang Zohri adalah bendera yang telah disiapkan tim ofisial. Namun karena berada jauh dari garis finish, sulit bagi mereka untuk segera menyerahkan bendera itu kepada Zohri.

Dari penelusuran redaksi, ada dua momen dimana Zohri memegang bendera dalam selebrasi. Pertama sesaat setelah dinyatakan sebagai pemenang dengan catatan waktu 10,18 detik.

Momen kedua adalah setelah medali emas dikalungkan dan lagu kebangsaan Indonesia Raya diperdengarkan di stadion tempat penyelenggaraan.

Dari berbagai foto yang beredar, terlihat bahwa ukuran dua bendera yang dipegang Zohri dalam dua momen itu berbeda.

Bendera yang dipegangnya pada momen pertama di pinggir lintasan tampaknya lebih kecil dari bendera yang dipegangnya pada momen kedua. Selain itu, bendera yang dipegang Zohri pada momen kedua juga memiliki semacam tali pengikat pada salah satu sisi. Seperti bendera yang akan dikibarkan.

Keterangan dari PZLA membantu menjelaskan semuanya.

Namun, satu hal yang perlu dicatat, apapun itu, Zohri adalah juara dunia. Dia pahlawan kita. dikutip Kantor Berita Politik RMOL. [ogi]




Komentar Pembaca
Belajar Dari Anjloknya Lira Turki

Belajar Dari Anjloknya Lira Turki

SELASA, 14 AGUSTUS 2018 , 19:00:00

Partai Demokrat Musuh Dalam Selimut

Partai Demokrat Musuh Dalam Selimut

SELASA, 14 AGUSTUS 2018 , 11:00:00

SBY Dihajar Lawan Politik?

SBY Dihajar Lawan Politik?

KAMIS, 02 AGUSTUS 2018 , 11:00:00

Tiga Anak Presiden

Tiga Anak Presiden

SABTU, 11 AGUSTUS 2018 , 18:43:00

KPU: Capres-Cawapres Tidak Memenuhi Syarat Boleh Diganti
15 Parpol Hadir Di KPU Bengkulu Selatan

15 Parpol Hadir Di KPU Bengkulu Selatan

KAMIS, 09 AGUSTUS 2018 , 10:18:00