Kemenangan Kotak Kosong Potret Perlawanan Rakyat

Politik  RABU, 04 JULI 2018 , 06:55:00 WIB | LAPORAN: OGI MANSYAH

Kemenangan Kotak Kosong Potret Perlawanan Rakyat

Net

RMOLBengkulu. Kemenangan kotak kosong dalam pilkada merupakan hal yang mengejutkan. Sebab, peristiwa itu belum pernah terjadi di negeri ini.

Pada Pilkada Serentak 2018 ini, kemenangan kotak kosong terjadi di Pilwalkot Makassar berdasarkan hitung cepat yang dilakukan sejumlah lembaga survei. Pasangan Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika (Appi-Cicu) dibuat tak berdaya melawan kotak kosong.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fery Juliantono menyebut bahwa kemenangan kotak kosong merupakan wujud nyata potret perlawanan rakyat. Termasuk, perlawanan masyarakat kepada penguasa saat ini.

"Kemenangan kotak kosong itu perlawanan rakyat terhadap proses politik yang tidak sehat," katanya sebagaimana keterangan tertulis yang diterima redaksi, Selasa (3/7).

Pilkada Makassar awalnya diikuti oleh dua pasangan calon, yakni petahana Mohammad Ramdhan Pomanto atau Danny Pomanto-Indira Mulyasari (DIAmi) dan pasangan Appi-Cicu. Namun karena ada pelanggaran pilkada, KPU Makassar mencoret Danny Pomanto dan pasangannya.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Azis menjelaskan bahwa daerah yang pilkadanya dimenangkan kotak kosong akan dipimpin oleh pelaksana tugas (Plt) sampai pelaksanaan pilkada serentak selanjutnya. Aturan ini tercantum dalam UU 10/2016 tentang Pilkada dan PKPU 13/2018 tentang Pilkada dengan calon tunggal.

"Plt tersebut akan bertugas sampai pilkada serentak berikutnya, yaitu tahun 2020,” kata Viryan. dikutip Kantor Berita Politik RMOL. [ogi]




Komentar Pembaca
Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00

Real Count KPU Lambat!

Real Count KPU Lambat!

KAMIS, 18 APRIL 2019 , 17:00:00

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

RABU, 17 APRIL 2019 , 19:00:00

Salam Dua Jari Prabowo

Salam Dua Jari Prabowo

RABU, 17 APRIL 2019 , 10:27:00