Penyaluran BBM Dan Elpiji Mulai Ditambah

Ekbis  RABU, 16 MEI 2018 , 19:29:00 WIB | LAPORAN: OGI MANSYAH

Penyaluran BBM Dan Elpiji Mulai Ditambah

Net

RMOLBengkulu. Ini kabar gembira bagi masyarakat Bengkulu. Dalam rangka menyambut Ramadhan dan mudik Idul Fitri 1439 Hijriah PT Pertamina terhitung Rabu (16/5), sudah memulai penambahan stok penyaluran BBM.

Tidak hanya BBM, tetapi elpiji ukuran 3 kg bersubsidi juga ikut ditambah.

General Manager MOR II Sumbagsel, Erwin Hiswanto mengungkapkan, bahwa pihaknya sudah melakukan pemetaan dan prediksi kebutuhan energi masyarakat di Bengkulu. Berdasarkan pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya dan analisa tren konsumsi, setiap tahun pasti selalu ada peningkatan konsumsi BBM, LPG, dan Avtur terutama saat arus mudik dan balik dan saat Hari Raya Idul Fitri.

"Peningkatan sudah ada, kami juga sudah menyiapkan proyeksi penyaluran untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dan untuk memantau peningkatan dan kebutuhan energi selama puasa dan lebaran, kami juga akan menyiapkan Tim  Satuan Penugasan (Satgas) sejak H-15 hingga H+15 lebaran demi kenyamanan masyarakat,” kata Erwin didampingi Humas Hermansyah.

Dikatakanya untuk konsumsi BBM jenis gasoline seperti Pertamax Turbo, Pertamax, Pertalite, dan Premium diprediksi terjadi peningkatan hingga 19 persen dari konsumsi normal. Diperkirakan, peningkatan konsumsi pertamax turbo akan mencapai 38 persen, Pertamax 35 persen, Pertalite 19 persen, dan Premium mencapai 15 persen.    

Kenaikan tertinggi konsumsi BBM jenis gasoline akan terjadi pada 9 Juni 2018 atau H-5 dengan angka kenaikan sebanyak 77 persen dari   konsumsi normal.

Sedangkan untuk BBM jenis gasoil yakni BBM diesel seperti Pertamina Dex, Dexlite, dan Solar/Bio Solar diprediksi mengalami penurunan hingga 11 persen dari konsumsi normal, hal ini diakibatkan oleh tidak beroperasinya kendaraan berat saat arus mudik dan balik sehingga konsumsi Solar/Bio Solar turun 13 persen.

Namun demikian, tetap adavpeningkatan untuk BBM jenis Pertamina Dex hingga 42 persen dan Dexlite. Selama Ramadan pihaknya melayani 24 jam.

Selain itu, di setiap TBBM juga sudah disiapkan tambahan mobil tanki (MT) untuk melayani penyaluran diatas normal. Untuk Bengkulu, konsumsi BBM selama Bulan Ramadan dan Idul Fitri juga akan mengalami peningkatan.    

Untuk saat ini, prediksi peningkatan untuk BBM jenis gasoline di Bengkulu    diperkirakan mencapai 18 persen. Peningkatan di Bengkulu masih didominasi oleh Premium sebanyak 23 persen, Pertamax 20 persen,     dan pertalite sebanyak 16 persen Mengantisipasi kenaikan konsumsi tersebut, Pertamina sudah menyiapkan 1 unit mobil tanki tambahan dengan total kapasitas 16 Kilo Liter (KL) di TBBM Pulau Baai.

Selain itu di TBBM Lubuklinggau juga di standby kan 2 unit mobil tanki tmbahan dengan kapasitas total 32 KL.

"Untuk ketersediaan LPG, memprediksikan madanya peningkatan menjelang Bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Prediksi peningkatan konsumsi LPG 3 Kg. Sehingga juga ikut dilakukan penambahan stok. Jadi baik itu BBM dan elpiji dijamin aman. Sedangjan harganya juga belum ada perubahan selama Ramadan," pungkasnya. [ogi/che]

Komentar Pembaca