Dampak Asian Games Menciptakan Modernisasi Kota

Sport  MINGGU, 13 MEI 2018 , 19:05:00 WIB | LAPORAN: IRMAN DINATA

Dampak Asian Games Menciptakan Modernisasi Kota

Maskot Asian Games/ net

RMOLBengkulu. Sebagai tuan rumah Asian Games 2018, Indonesia tidak main-main dalam mempersiapkan agenda akbar yang akan berlangsung kurang dari tiga bulan lagi itu.

Sosialisasi dilakukan dengan banyak cara, misalnya dengan parade Asian Games di ajang Car Free Day, Jakarta, Minggu (13/5).

Tapi jangan sangka ajang olahraga terbesar se-Asia itu hanya menghamburkan dana dari kas negara.

Di mata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro, Asian Games malah memberi keuntungan besar bagi perekonomian di Indonesia.

Ia menjelaskan hal itu dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 hari ini yang bertema "Menghitung dampak ekonomi Asian Games 2018". Bambang mengatakan, ada pembangunan signifikan yang terjadi di Jakarta ketika Asian Games diadakan di Indonesia tahun 1962.

"Asian Games ke-4 tahun 1962 di Jakarta. Pertama kali punya kompleks olah raga yang besar yaitu Senayan dan lengkap,apa yang dibangun tahun 62 masih relevan. TVRI baru muncul karena Asian Games. Karena Asian Games, muncul Hotel Indonesaia. Jadi secara langsung ada modernisasi kota karena Asian Games di tahun 62," ujar Bambang dalam diskusi yang berlangsung di Gedung Kemenkominfo, Jalan Merdeka Barat, Jakarta.

Menurutnya, yang terpenting pada Asian Games kali ini adalah kesiapan venue atau fasilitas pertandingan. Bila pelayanan terasa maksimal, salah satunya dalam transportasi, maka akan banyak warga dari luar Jakarta yang datang dan ikut menonton pertandingan.

Ia beberkan, dampak langsung Asian Games 2018 terutama terasa di Jakarta dan Palembang. Dua kota tuan rumah itu mampu meraup keuntungan yang besar sebagaimana diberitakan Kantor Berita Politik RMOL. [nat]





Komentar Pembaca