Lapas Curup Blak-blakan Disinggung Tes Narkoba

Daerah  KAMIS, 19 APRIL 2018 , 18:49:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Lapas Curup Blak-blakan Disinggung Tes Narkoba

A Faedhoni/ RMOL Bengkulu

RMOL. Upaya preventif pihak Lapas Kelas IIA Curup, Kabupaten Rejang Lebong dalam memberantas narkoba terus dilakukan. Secara blak-blakan dicetuskan soal tes urine terhadap seluruh narapidana (napi) dan petugas Lapas.

Kepala Lapas Kelas IIA Curup, A. Faedhoni mengatakan, tes narkoba yang dilakukan pihaknya itu merupakan agenda rutin tahunan dengan tujuan untuk meminimalis penyalahgunaan narkoba di lingkungan Lapas.

"Sebelumnya pernah dilakukan awal tahun 2017 lalu, untuk tahun ini akan dilakukan kembali, namun masih menunggu timing yang tepat," kata Faedhoni kepada Rakyat Merdeka Online Bengkulu, Kamis (19/4).

Alat tes urine sendiri menurut dia saat ini sudah tersedia sebanyak 500 unit, alat itu sendiri difasilitasi dari Kantor Wilayah (Kanwil) hukum dan HAM (Kumham) Provinsi Bengkulu.

Baca: Razia, Petugas Lapas Curup Sita 49 Paket Ganja dan 60 Hp Android

Tak hanya kalangan Napi, dibeberkan Faedhoni, seluruh petugas Lapas Kelas IIA Curup juga nantinya akan menjalani tes urine, sehingga penyalahgunaan narkoba di dalam Lapas dapat terdeteksi.

"Pada tahun 2017 lalu, ada 5 oknum petugas Lapas yang terindikasi mengkonsumsi narkoba, mereka kemudian di titipkan di Kanwil untuk diberikan pembinaan," bebernya.

Jika nantinya dalam tes urin itu tersapat Napi yang terbukti menggunakan narkoba, maka seluruh hak Napi tersebut akan dicabut. Sedangkan petugas akan diberikan sanksi tegas berupa pembinaan hingga sanksi pemecatan.  [nat/izk]




Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.159): Anies Terlalu Lama Sendiri
Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 15:00:00

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Kantor Berita Politik RMOL Dikunjungi Karo Penmas Mabes Polri
PAN Setuju Uang Saksi Pemilu Dibiayai Negara

PAN Setuju Uang Saksi Pemilu Dibiayai Negara

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 13:30:00

Pelantikan PAW MPR

Pelantikan PAW MPR

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 09:51:00