Amorphophallus Mekar di Rejang Lebong

Daerah  SABTU, 14 APRIL 2018 , 15:45:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Amorphophallus Mekar di Rejang Lebong

Amorphophallus titanum/ Ist

RMOL. Puspa langka kembali tumbuh di Kabupaten Rejang Lebong, hanya saja kali ini bunga yang mekar bukan berupa Rafflesia arnoldi, melainkan bunga Amorphophallus titanum atau di sebut bunga kibut.

Bunga kibut itu tumbuh di kawasan objek wisata alam air terjun Pemandian Punai, Desa Empat Suku Menanti Kecamatan Sindang Dataran, yang saat ini tengah mekar sempurna.

"Bunga kibut yang tumbuh kali ini merupakan kali keduanya di kawasan ini, sebelumnya sekitar sebulan yang lalu juga pernah tumbuh dan mekar," kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Air Lang, Gabren, kepada RMOL Bengkulu, Sabtu (14/4).

Berdasarkan ukuran dan tinggi bunga tersebit yang mencapai 3 meter, diduga merupakan jenis Amorpophalus Titanum, posisinya tumbuhnya sendiri, menurut Gabren tak jauh dari lokasi tumbuh pertama.

Menurut dia, bunga itu mulai mekar sempurna sejak Jumat (13/4) kemarin, dan diperkirakan hanya akan bertahan sekitar 4 hari lamanya yang selanjutnya akan layu dan hilang.

"Bagi yang penasaran dengan bunga yang menjadi kebanggaan masyarakat Rejang Lebong ini, bisa datang langsung ke objek wisata Air Terjun Pemandian Punai sebelum bunga ini layu," imbuhnya.

Dengan tumbuhnya puspa langka di kawasan tersebut dia berharap bisa menjadi daya tarik sendiri sebagai ajang promosi wisata tersebut, mengingat objek wisata tersebut tergolong baru. [nat/izk]




Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

MINGGU, 18 AGUSTUS 2019 , 07:37:00