KPU Rejang Lebong Dirikan Rumah Pintar Pemilu

Pendidikan  RABU, 11 APRIL 2018 , 19:49:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

KPU Rejang Lebong Dirikan Rumah Pintar Pemilu

RMOL Bengkulu

RMOL. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong saat ini tengah menyiapkan rumah pintar pemilu di kantor KPU di Kelurahan Dwi Tunggal Kecamatan Curup.

Komisioner KPU Rejang Lebong, Mansur mengatakan, rumah pintar pemilu itu disiapkan dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait gelaran pemilu, di rumah ini masyarakat dapat mengakses berbagi informasi seputar pesta demokrasi.

"Rumah pintar pemilu ini berisi segala tentang pemilu, mulai dari tahapan pemilu hingga penyelesaian gugatan jika terjadi dalam pemilu, dengan rumah ini kita memberikan edukasi kepada masyarakat," kata Mansur kepada RMOL Bengkulu, Rabu (11/4).

Didalam rumah pintar pemilu itu kata dia, berbagai arsip sejarah proses pemilu sebelumnya disediakan,  mulai dari pelaksaan pemilu era Soekarno hingga pelaksanaan pemilu terakhir, hanya saja arsip pemilu di bawah tahun 2004 diakui dia hingga saat ini masih akan di lengkapi.

Konsep rumah pemilu itu sendiri dijelaskan dia layaknya sepertu perpustakaan, sehingga semua data dan informasi di sediakan, bahkan pihaknya berencana akan menyediakan komputer khusus bagi pengunjung agar mudah mengakses informasi yang dibutuhkan.

"Jadi ini semacam bank data, semuanya akan disediakan, dengan begitu masyarakat akan memahami, bahwa proses gelaran pemilu itu tidak semudah yang dibayangkan, melainkan ada tahapan-tahapan yang harus dilalui," imbuhnya.

Dia menambahkan, rumah pintar pemilu itu di targetkan bakal launching pada 21 April mendatang berbarengan dengan pagelaran seni budaya dalam rangka mensosialisasikan pemilu serentak 2019. [nat/izk]




Komentar Pembaca
Jembatan Widang Di Tuban Ambruk

Jembatan Widang Di Tuban Ambruk

SELASA, 17 APRIL 2018 , 13:00:00

Rizal Ramli, Sang Ngofa Tidore

Rizal Ramli, Sang Ngofa Tidore

SENIN, 16 APRIL 2018 , 19:00:00

Diarak, Prabowo Masih Sehat!

Diarak, Prabowo Masih Sehat!

JUM'AT, 13 APRIL 2018 , 13:00:00