Berlanjut, Penyelesaian Soal PGE Bakal Libatkan 4 Menteri

Nusantara  RABU, 28 MARET 2018 , 17:44:00 WIB | LAPORAN: OGI MANSYAH

Berlanjut, Penyelesaian Soal PGE Bakal Libatkan 4 Menteri

RMOL Bengkulu

RMOL. DPD RI melakukan rapat kerja terkait masalah dampak lingkungan pembangunan PT Pertamina Gheothermal Energi(PGE) hulu Lais Lebong, di ruang rapat raflesia kantor gubernur bengkulu.

Rapat yang dipimpin langsung oleh ketua badan Akuntabilitas publik DPD RI Abdul Ghafar Usman, yang didampingi oleh Gubernur yang dalam hal ini di wakili oleh Asisten III Gotri Suyanto dan dibuka secara umum.

Rapat kerja ini juga dihadiri oleh 9 Anggota DPD RI lainya, Dirjen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Wakil Bupati Lebong Wawan Fernandes,Direktur Ekplorasi PGE Abdul Rozak, Pimpro PT PGE Hulu Lais Hasan Basri, Kadis LHK Provinsi Bengkulu, Kadis BPSDM Provinsi Bengkulu, Kadis LHK Lebong, Perwakilan Polda Bengkulu, Ketua Aliasi Lingkar Hijau Nurkholis Sastro, Direktur Walhi Bengkulu Benny, dan Ketua AMAN Bengkulu.

Dalam rapat yang berjalan kurang lebih selama 2 jam itu akhirnya mendapatkan hasil yang telah di sepakati, namun hasil tersebut masih merupakan solusi untuk memecahkan permasalahan yang ada.

Hasil dari rapat tersebut yaitu akan melakukan mediasi  kembali bersama 4 Menteri yang bersangkutan, Ke 4 menteri tersebut yaitu Satu Menteri kehutanan Lingkungan Hidup, dua menteri Pertanian, tiga menteri Perupera, ke empat menteri SDM, dan yang ke lima Badan Nasioanal Penanggulangan Bencana(BNPB).

Namun untuk waktu mediasi yang akan dilakukan, pihak dari DPR RI belum bisa menentukan kapan akan dilaksanakan.

"Karena ini berkaitan dengan Kementerian tapi akan dilakukan pada masa sidang ini, waktu dan tanggal belum bisa kita pastikan karena DPD RI akan mengkomunikasikan dulu baik secara personal maupun secara tertulis" kata Abdul ghfar, Rabu(28/3).

Saat di temui oleh wartawan Rmol usai rapat, terkait bahwa audit di lingkungan harus ada, Kementrian lingkungan hidup menyampaikan bahwasannya mereka akan melakukan 2 langkah, yang pertama akan melakukan penghijauan bersama dirjen landas hutan lindung dan yang kedua kementrian lingkungan hidup juga menyampaikan bawasanya perusahaan PGE harus menjaga kawasanya dan melakukan kebijakan-kebijan yang sudah di ambil.

"Kalau ini semua terjalan insyallah tidak akan terganggu, tapi selama sumber ini tidak di selesaikan pasti muncul, hujan extrim pasti terjadi lagi, jadi ke duanya harus sama-sama menjaga," demikian Kementrian lingkungan hidup. [ogi]

Komentar Pembaca
Ani Yudhoyono Dijaga SBY Dan Cucu

Ani Yudhoyono Dijaga SBY Dan Cucu

SABTU, 16 FEBRUARI 2019 , 21:00:00

BENANG MERAH (EPS.167): Tak Seirama Di Kubu Petahana
Kredibilitas Jadi Rahasia Karangkraf Bisa Bertahan

Kredibilitas Jadi Rahasia Karangkraf Bisa Bertahan

JUM'AT, 15 FEBRUARI 2019 , 12:00:00