Kapal Pemburu Teroris Buatan Indonesia Dibeli Rusia

Nusantara  SELASA, 13 MARET 2018 , 14:17:00 WIB | LAPORAN: IRMAN DINATA

Kapal Pemburu Teroris Buatan Indonesia Dibeli Rusia

Foto: NET

RMOL. Siapa sangka, kapal buatan Indonesia milik PT Lundin Industry Invest yang bermarkas di Banyuwangi, Jawa Timur, ternyata banyak dibeli negara luar.

Terakhir, militer Rusia langsung membeli tujuh unit. Kapal militer yang dipesan Rusia bernama X2K Anti Teroris. Kapal tipe ini tak hanya memikat Rusia tapi juga negara lainnya di antaranya Brunei dan Malaysia.

Kapal itu mampu melaju hingga kecepatan lebih dari 85 knot atau setara 160 kilometer per jam.

Pihak PT Lundin pun mengklaim kapal jenis rigid inflatable boat (RIB) type X2K Carbotech Special Ops tersebut sebagai kapal tercepat di Indonesia, bahkan mungkin di Asia.

"X2K bukan hanya kapal patroli tapi juga bisa menyelinap di antara kapal besar. Ketika kapal itu berhenti kamu bisa masuk dengan cara memanjat. Ini digunakan untuk anti teroris dan operasi menempel, pembajakan," ujar Presiden Direktur PT Lundin Industry Invest John Ivar Lundin.

John menyebut beberapa keunggulan X2K Anti Teroris membuat kapal ini dilirik oleh Rusia.

"Kami sangat senang bisa menjual produk militer ke Rusia karena kami tidak hanya membeli bahan dari sana. Sejujurnya kami punya kualitas internasional yang baik dan setara standar Eropa," jelasnya.

Lundin menerangkan bahwa kapal tipe ini memang khusus dibuat untuk operasi anti teroris dan pembajakan karena bisa menyusup ke kapal musuh.

"Jadi ini spesial dibuat untuk mencegat kemudian masuk ke kapal. Dengan harapan tanpa mereka ketahui, memanjat kapal dan kemudian mengambil alih kapal. Ini adalah taktik menyusup untuk mengambil alih kapal," beber pria asal Swedia ini.

John menyebut keunggulan kapal X2K Anti Teroris ini sudah diamini banyak negara. Bahkan kapal jenis ini sudah menjadi alat latihan di berbagai negara seperti Swedia, Amerika dan Australia.

"Kami banyak menerima pesanan kapal untuk militer seperti dari Bangladesh, Hongkong, Malaysia, Brunei, hingga Singapura," jelasnya dikutip RMOL Sumsel.

Keunggulan X2K Anti Teroris ini juga telah diuji pasukan khusus. Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dan Komando Pasukan Katak (Kopaska) telah menggunakan kapal jenis ini.

TNI pun juga memesan kapal buatan Lundin. TNI melirik kapal jenis Trimaran yang dikenal anti radar dan tahan api. Produk kapal Lundin juga telah digunakan oleh Badan Keamanan Laut dan juga Badan SAR Nasional. [nat]





Komentar Pembaca
Grup Tari Saman Tuna Netra Pecahkan Rekor MURI

Grup Tari Saman Tuna Netra Pecahkan Rekor MURI

KAMIS, 20 SEPTEMBER 2018 , 21:00:00

Koalisi Jokowi Mulai Pecah

Koalisi Jokowi Mulai Pecah

KAMIS, 20 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

#KataRakyat: Ulama Berpolitik, Emangnya Ngaruh?

#KataRakyat: Ulama Berpolitik, Emangnya Ngaruh?

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 20:00:00

Advokat Antri Tanda Tangan

Advokat Antri Tanda Tangan

SELASA, 18 SEPTEMBER 2018 , 06:21:00

Pemuda Muhammadiyah Terima Silaturahim Sandi Uno

Pemuda Muhammadiyah Terima Silaturahim Sandi Uno

SABTU, 15 SEPTEMBER 2018 , 04:52:00

Tabut Dan Telong-Telong Sudah Siap Meriahkan Penutupan Tabut