MPC Pemuda Pancasila Ingatkan Sikap PGE dan Pemkab Lebong

Daerah  SENIN, 12 MARET 2018 , 18:43:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

MPC Pemuda Pancasila Ingatkan Sikap PGE dan Pemkab Lebong
RMOL. Ketua MPC Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Lebong, Noprita Rizky Pratama mengencam PT. Pertaminan Geothermal Energy (PGE) Hulu Lais dan Pemkab Lebong atas sikap yang dialami masyarakat Lebong belakangan ini.

"Kita ingatkan pemda Lebong untuk segera ambil sikap terhadap dugaan dampak dari PGE yang sudah merugikan masyarakat, baik di sektor sosial, lingkungan, dan sektor budaya serta ekonomi. Khususnya daerah-daerah yang bersentuhan langsung dengan dampak," kata Rizky, Minggu (11/3/2018).

Selain itu, lanjut Rizky, dirinya sendiri sudah bekoordinasi dengan pengurus MPC PP Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu terkait aktivitas yang dilakukan oleh PT.PGE Hulu Lais.

"Kita telah bekoordinasi dan seluruh pengurus PP sudah menyepakati, apabila tidak ada tindak lanjut dari pemerintah khususnya bupati dan pihak PGE. Maka kami PP dengan masyarakat Lebong akan melakukan aksi," tegas Rizky.

Ditambahkan Rizky, ia juga sudah bekoordinasi dengan pengurus PP di tingkat Kecamatan dan para masyarakat yang diduga terdampak dari Aktivitas PGE.

Seharusnya bupati harus menanggapi dengan serius permasalahan ini, bukan dengan mudahnya langsung mengatakan ini bencana alam. Tidak mungkin, kejadian ini harus terjadi secara berkelanjutan, harus ada penanganan khusus. Terlalu banyak yang dirugikan dalam permasalahan ini, termasuk mata pencarian masyarakat seperti pertanian, perikanan dan perkebunan," demikian Rizky.

Terpisah, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Lebong, Mirwan Effendi mengungkapkan, menghentikan aktivitas PGE Hulu Lais tidak semudah itu. Sebab, PGE ini sendiri merupakan proyek strategis nasional.

"Tidak semudah itu menghentikan proyek nasional pemerintah pusat. Perlu diadakan survei detail, sumber air dari mana, saluran airnya bagaimana. Peran masyarakat dihulu yang terlibat dalam kerusakan dikawasan hutan lindung bagaimana. Kalo sudah dapat datanya, silahkan bawa ke forum diskusi untuk memvonis dan mencari solusi," kata Sekda kepada RMOL Bengkulu.

Oleh sekda menambahkan, kehadiran PGE Hulu Lais justru berdampak positif bagi Kabupaten Lebong. Terlebih lagi dalam dunia kerja, peningkatan ekonomi dan sarana - prasarana bagi masyarakat Lebong.

"Pengaruh PGE sudah jelas, penampungan tenaga kerja lokal, usaha ekonomi masyarakat baik ekonomi kerakyatan dan kontraktor lokal selaku Subcon di PGE. Dimana pada waktunya nanti bagi hasil dari jual listrik," singkat Sekda. [ogi]

Komentar Pembaca
Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00

Real Count KPU Lambat!

Real Count KPU Lambat!

KAMIS, 18 APRIL 2019 , 17:00:00

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

RABU, 17 APRIL 2019 , 19:00:00

Salam Dua Jari Prabowo

Salam Dua Jari Prabowo

RABU, 17 APRIL 2019 , 10:27:00