Mahasiswi Bercadar, Ini Komentar Menristekdikti

Pendidikan  RABU, 07 MARET 2018 , 06:56:00 WIB | LAPORAN: IRMAN DINATA

Mahasiswi Bercadar, Ini Komentar Menristekdikti

Ilustrasi/ Net

RMOL. Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan, mahasiswi bercadar merupakan hak seseorang.

Yang dilarang kata Nasir adalah memunculkan radikalisme, itu yang penting dan jangan sampai terjadi.

"Wawasan kebangsaan harus dibangun. Lah tentang mereka berpakaian katakan kalau yang laki pakai kopiah boleh enggak, ya silakan asal memenuhi etika. Itu saya serahkan perguruan tinggi (PT). Kami tidak mengatur hal itu," kata Menteri Nasir di Jakarta.

Mengenai kebijakan di Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta, Nasir menyerahkan kepada rektor. Apalagi itu di bawah Kementerian Agama dan bukan urusan Ristekdikti.

"Bagi saya itu urusan hak seseorang lah. Mau kuliah dia pakai baju bercadar silakan, kopiah silakan, jilbab silakan. Namun, tergantung aturan kampusnya. Kalau kampus mengatur dilarang enggak boleh ya mereka jangan kuliah di situ, pindah aja," paparnya.

Nasir menegaskan, itu tidak diatur karena menyangkut hak seseorang. Dan ini adalah di PT jangan sampai ada diskriminasi. Siapa pun harus mendapatkan hak proses pembelajaran.

"Kalau arahnya radikalisme itu enggak boleh. Kita harus hidup berdampingan antar sesama manusia, suku, agama, jadi tidak boleh ada diskriminasi. Kalau ada PT radikalisme, rektor yang saya panggil," pungkasnya kemarin, seperti diberitakan RMOL Sumsel. [nat]





Komentar Pembaca
Aman Abdurrahman Divonis Hukuman Mati

Aman Abdurrahman Divonis Hukuman Mati

JUM'AT, 22 JUNI 2018 , 11:00:00

Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

SELASA, 19 JUNI 2018 , 11:00:00

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

SENIN, 18 JUNI 2018 , 09:00:00