Transaksi Non Tunai di Benteng Diharapkan Capai Target

Ekbis  KAMIS, 08 FEBRUARI 2018 , 12:09:00 WIB | LAPORAN: IRMAN DINATA

Transaksi Non Tunai di Benteng Diharapkan Capai Target

Ferry Ramli/ Net

RMOL. Terhitung Januari 2018, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) akan melakukan transaksi secara non tunai. Meski belum bisa dilakukan secara sepenuhnya, namun Badan Keuangan Daerah (BKD) Benteng telah menargetkan agar hal tersebut dapat terealisasi hingga 90 persen.

Kepala BKD Benteng, Budiman Efdy W, mengatakan hingga saat ini perkembangan transaksi non tunai berlangsung dengan baik dan lancar. Bahkan, sudah hampir 60 persen sejumlah OPD melakukan transaksi non tunai.

"Saat ini sudah mencapai 60 persen. Target kita kedepan sudah sampai 90 persen," kata Budiman, Rabu (7/2/2018).

Diberitakan situs resmi Pemkab Benteng, Budiman menyampaikan, adapun transaksi non tunai diantaranya pembayaran gaji Aparatur Sipil Negara (ASN), belanja yang dilakukan OPD dengan menggandeng pihak ketiga. Dengan syarat, harus mempunyai rekening sendiri. Selain itu, transaksi yang dilakukan dengan nominal diatas Rp 1 juta.

"Untuk saat ini, seperti perjalanan dinas belum begitu bisa dilakukan untuk transaksi non tunai dan juga BBM," ungkap Budiman.

Sementara itu, Ferry Ramli mengatakan, dengan transaksi non tunai, seluruh OPD dapat lebih teratur dan transparan dalam penggunaan anggaran daerah. Sehingga mengurangi adanya tindakan penyelewengan anggaran ataupun keterlambatan pembayaran pajak.

"Upaya ini sangatlah bagus, agar pegawai terhindar dari penyelewengan anggaran," ungkap Ferry, dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018 dan Sosialisasi Implementasi Non Tunai, di Ball Room Krakatau Grage Hotel.

Direktur Pemasaran Bank Bengkulu, Eksir, memberikan apresiasi atas tindakan yang dilakukan Pemkab Benteng. Mengingat, Benteng menjadi satu-satunya daerah yang melaksanakan seperti kemarin.

"Kami sangat berterima kasih atas kerjasama dari pemerintah terkait dengan kegiatan ini," pungkasnya. [nat]




Komentar Pembaca