Gerebek Setengah Hektar Ladang Ganja, Kapolres: Tumbuh Subur di Rejang Lebong

Hukum  SENIN, 05 FEBRUARI 2018 , 13:13:00 WIB | LAPORAN: IRMAN DINATA

Gerebek Setengah Hektar Ladang Ganja, Kapolres: Tumbuh Subur di Rejang Lebong

RMOL Bengkulu

RMOL. Tanaman ganja dapat hidup subur di Kabupaten Rejang Lebong, hal itu karena kondisi alam yang baik dan tanah yang subur dengan kontur berbukit-bukit. Tak heran jika kondisi itu dimanfaatkan oleh oknum-oknum untuk menanam ganja.

Seperti penemuan ladang ganja diwilayah Desa Karang Pinang Kecamatan Sindang Beliti Ulu yang berhasil diungkap oleh jajaran Polres Rejang Lebong pada Sabtu (3/2/2018) kemarin, di luas lahan 0,5 hektar tersebut tanaman ganja tumbuh dengan suburnya.

"Kondisi alam di Rejang Lebong ini secara letakannya sangat memungkinkan untuk menanam ganja," kata Kapolres didampingi Kasat Narkoba Iptu Sampson Sosa Hutapea, saat pers rilis di Mapolres Rejang Lebong, Senin (5/2/2018)

Dikabupaten Rejang Lebong, menurut dia, sangat mudah tumbuh, yakni hanya cukup menebarkan menebarkan bijinya saja, tanaman ganja dapat berkembang dan lebat.

"Memang alam Rejang Lebong ini sangat subur kondisinya cocok untuk tanaman ganja, dan ladang ganja ini bukan temuan pertama, ini kesekian kalinya ada orang yang menanam ganja," imbuhnya

Masih ditemukannya ladang ganja di daerah itu, dijelaskan Kapolres, karena memang wilayah Rejang Lebong cukup luas dengan kontur yang sulit, sehingga banyak daerah-daerah yang tidak terpantau, hal itu juga yang kemudian dimanfaatkan oleh oknum masyarakat untuk menanam tanaman dilarang tersebut.

"Lokasi ladang ganja yang ditemukan kemarin jaraknya cukup jauh, petugas membutuhkan waktu 4 sampai 5 jam untuk sampai kelokasi," bebernya

Sementara itu terkait dengan temuan dilokasi ladang ganja itu, dijelaskan Kapolres, petugas mendapati tanaman ganja berumur 2 hingga 3 bulan sebanyak 101 batang, kemudian juga ditemukan sebanyak 1 karung ganja kering siap jual.

"Hanya saja kami belum berhasil mengamankan tersangkanya namun sedang dikembangkan siapa pemilik ladang ganja ini, di lokasi juga terdapat gubuk yang didalamnya terdapat perlengkapan sehari-hari pemiliknya," ungkap Kapolres.

Dengan masih ditemukannya ladang ganja tersebut, pihaknya berharap peran serta dari masyarakat jika mendapatkan informasi dapat melaporkan ke pihaknya. [nat/ard]



Komentar Pembaca