Dua Cara Tekan Lonjakan Harga Beras di Bengkulu Utara

Daerah  JUM'AT, 26 JANUARI 2018 , 13:51:00 WIB | LAPORAN: IRMAN DINATA

Dua Cara Tekan Lonjakan Harga Beras di Bengkulu Utara

RMOL Bengkulu

RMOL. Pihak Pemda Bengkulu Utara, ternyata tidak hanya bakal melakukan operasi pasar tapi juga ada satu lagi cara, untuk menekan lonjakan harga beras. Dipastikan keduanya bakal dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Cara pertama yaitu, penyaluran beras sejahtera (Rastra) yang secara filosofi sebenarnya bentuk intervensi pemerintah dari sisi permintaan dan cara ke dua adalah operasi pasar, yang merupakan senjata pemerintah untuk menstabilkan harga dari sisi supplay atau penawaran.

"Menekan lonjakan harga beras yang terjadi saat ini, yaitu akan dilakukan operasi pasar dengan Bulog Argamakmur. Selanjutnya penyaluran Rastra," ujar Asisten II Setda Bengkulu Utara, Untung Pramono, dalan rapat koordinasi bersama OPD Bengkulu Utara, dipimpin langsung Bupati Bengkulu Utara, Mian, Jumat (26/1/2018) di Ruang Pola, Kantor Bupati Bengkulu Utara.

Walaupun keduanya belum dilakukan, Untung memastikan hal tersebut sesegera mungkin akan terlaksana, menyusul seperti yang dilakukan daerah lain.

"Surat pengajuannya dipastikan selesai siang ini karena ada beberapa koreksi sebelumnya," pungkas Untung.

Untuk diketahui, pendiatribusian Rastra tahun 2018 gratis untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM), satu KPM sebanyak 10 Kg beras kelas medium dengan total kuota di Kabupaten Bengkulu Utara 22.022 KPM.

Harga beras kelas medium di pasar saat ini, masih berkisar Rp 10.000 hingga Rp 11.000 per-kilogram. [nat]




Komentar Pembaca