Pukesmas se-Bengkulu Utara Lakukan Evaluasi JKN-KIS

Daerah  RABU, 24 JANUARI 2018 , 15:24:00 WIB | LAPORAN: IRMAN DINATA

Pukesmas se-Bengkulu Utara Lakukan Evaluasi JKN-KIS
RMOL. Evaluasi merupakan hal mutlak yang harus dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu demi terwujudnya perbaikan yang lebih baik. Untuk itu, secara berkala BPJS Kesehatan bersama Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) khususnya Puskesmas se-Kabupaten Bengkulu Utara melaksanakan evaluasi demi terciptanya mutu pelayanan yang lebih baik untuk setiap Peserta JKN-KIS.

"22 puskesmas sebagai mitra BPJS Kesehatan dalam pelayan kesehatan, sudah seharusnya memberikan pelayanan terbaik. BPJS Kesehatan juga wajib memberikan jaminan bahwa peserta JKN-KIS mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik demi terwujudnya kepuasan Peserta JKN-KIS," jelas Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Utara, Adi Fitridin Rabu (24/1).

Pertemuan Evaluasi Program JKN-KIS kali ini lanjut Adi Fitridin, ada empat poin penting yang dibahas. Pertama adalah evaluasi hasil Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan (KBKP) yang dikira belum optimal berjalan di tahun 2017 ini. Penilaian ini dilaksanakan berdasarkan 3 indikator yaitu Angka Kontak, Rasio Rujukan Non Spesialistik dan Rasio Prolanis dan Kunjungan Rumah.

Kedua adalah pembahasan mengenai rasio rujukan yang termasuk kategori paling tinggi di Provinsi Bengkulu, yaitu di atas 15 persen. Hal ini merupakan suatu hal yang harus dibahas secara rinci untuk mengetahui penyebab angka rujukan ini masuk kategori paling tinggi di Provinsi Bengkulu.

Poin ketiga membahas tentang hasil audit klaim yang diingatkan untuk lebih transparan dan jujur. Mengingat adanya Tim Satgas anti-fraud yang dibentuk untuk mencegah adanya fraud mengingat audit klaim ini juga masuk kedalam kategori pemeriksaan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Poin keempat adalah tentang Indeks Kepuasan Peserta terhadap pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh FKTP sebagai garda pertama pelayanan kesehatan yang diterima oleh Peserta JKN-KIS yang harus dipastikan baik oleh FKTP Pemerintah dan FKTP Non-Pemerintah," pungkasnya. [nat]




Komentar Pembaca
Heboh Pria Berpistol Di Jakarta Pusat

Heboh Pria Berpistol Di Jakarta Pusat

SABTU, 15 JUNI 2019 , 17:00:00

Harta Jokowi Bertambah 13 Miliar Dalam 13 Hari

Harta Jokowi Bertambah 13 Miliar Dalam 13 Hari

JUM'AT, 14 JUNI 2019 , 21:00:00

Pesan Danyon Brimob H-1 Jaga MK

Pesan Danyon Brimob H-1 Jaga MK

KAMIS, 13 JUNI 2019 , 21:00:00

Warga Mancing Di Kubangan Jalan

Warga Mancing Di Kubangan Jalan

MINGGU, 23 JUNI 2019 , 20:16:00