Belum Juga Selesai

Pembangunan Pukesmas Muara Aman Dipertanyakan

Daerah  SABTU, 30 DESEMBER 2017 , 10:32:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Pembangunan Pukesmas Muara Aman Dipertanyakan

RMOL Bengkulu

RMOL. Pembangunan Puskesmas Muara Aman, Kecamatan Lebong Utara, yang sedianya selesai tahun ini mulai menuai pertanyaan banyak pihak.

Seperti yang disampaikan Sekretaris Kabupaten (Setkab) Lebong, Mirwan Effendi, bahwa dirinya mempertanyakan pembangunan Puskesmas Muara Aman yang tidak kunjung selesai tahun ini.

"Pembangunan tidak akan selesai tahun ini karena Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong, selaku pembuat kontrak, malah memperbesar konstruksi bangunan sebelum pengerjaannya rampung. Saya juga mempertanyakan hal ini. Karena dengan memperbesar konstruksi tentu akan menambah kebutuhan anggaran. Sementara, sesuai aturan kita tidak bisa asal menambah anggaran sebelum pengerjaan fisik yang dilakukan diperiksa oleh BPK", tegas Mirwan.

Setelah ada pemeriksaan tim audit, sambungnya, terkait sampai batas mana pembangunan fisik yang dilakukan dan jumlah dana yang terpakai, baru bisa diajukan penambahan anggaran.

"Anggaran yang digunakan untuk pembangunan Puskesmas tersebut adalah anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK)", jelas Mirwan.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong, Amril Yudani melalui sekretaris, Rachman mengungkapkan,  dirinya enggan mengatakan sudah berapa persen fisik bangunan puskesmas tersebut di kerjakan

Hanya saja, sambungya, bangunan pukesmas tersebut baru akan dilanjutkan lagi pada tahun anggaran 2018 mendatang. Hal ini usai Dinkes Lebong dipastikan mendapatkan bantuan DAK kesehatan Rp 2,1 miliar dari pemerintah pusat.

"Karena tahun ini (2017) pembangunan pukesmas itu perlu di audit dulu," terang Rachman.

Selain itu, lanjut Rachman, total DAK kesehatan yang diterima Dinkes  Lebong untuk pembangunan Pukesmas Muara Aman pada TA 2016 sebesar Rp 2,4 miliar.

 "Kita pastikan tahun depan tetap dilanjutkan,"singkat Rachman. [nat]




Komentar Pembaca
Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00

Real Count KPU Lambat!

Real Count KPU Lambat!

KAMIS, 18 APRIL 2019 , 17:00:00

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

RABU, 17 APRIL 2019 , 19:00:00

Salam Dua Jari Prabowo

Salam Dua Jari Prabowo

RABU, 17 APRIL 2019 , 10:27:00