Tanda Tangan Camat Tidak Laku di Tempat Pemungutan Suara

Daerah  JUM'AT, 29 DESEMBER 2017 , 10:09:00 WIB | LAPORAN: IRMAN DINATA

Tanda Tangan Camat Tidak Laku di Tempat Pemungutan Suara

Foto/ Net

RMOL. Jika ada yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), tetapi sudah melakukan perekaman data di Kantor Camat atau di Kantor Dinas Dukcapil. Pastikan, telah mengantongi Surat Keterangan Pengganti Identitas yang ditandatangani Kadis Dukcapil, bukan dari tanda tangan kepala desa ataupun camat.

Kadis Dukcapil Bengkulu Utara, Juhirjo, kepada RMOL Bengkulu, menyampaikan, hal tersebut telah diatur Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang administrasi kependudukan.

"Tidak ada lagi tandatangan camat atau kades di surat keterangan pengganti identitas, harus langsung tanda tangan kadis dukcapil. Karena itulah yang sah, begitu juga untuk ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pemilu serentak nanti yang ditanya ketika tidak ada KTP-el," terang Juhirjo.

Dari target pemerintah pusat, lanjut Juhirjo. Sedikitnya 194.278 jiwa harus melakukan perekaman dan mempunyai KTP-el di 2017, hingga awal Desember terpenuhi 187.328 jiwa sisanya mengantongi surat keterangan pengganti identitas.

"Asumsi kita akhir tahun sudah memiliki KTP-el karena belangkonya sekarang sudah ada," ujar Juhirjo.

Menanggapi, Camat Ketahun, Abdul Hadi, sempat meminta keringanan penandatangan surat tersebut. Agar masyarakat tidak terlalu direpotkan, mengingat jarak tempuh yang cukup jauh dari Kecamatan Ketahun ke Kantor Dukcapil, Argamakmur menempuh waktu sekitar 1 jam.

"Kita sudah minta keringanan, namun hal itu tidak bisa dilakukan. Guna tertib administrasi dan memang aturannya menyebutkan demikian," pungkasnya. [nat]




Komentar Pembaca