Wabup Ngeluh Banyak Terima Pengaduan, Dukcapil Diingatkan

Daerah  KAMIS, 14 DESEMBER 2017 , 18:24:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Wabup Ngeluh Banyak Terima Pengaduan, Dukcapil Diingatkan

RMOL Bengkulu

RMOL. Wakil Bupati Lebong, Wawan Fernandes, meminta kepada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Dukcapil) Lebong jangan mempersulit warga ketika mengurusi administasi.

Hal itu disampaikan, Wawan sapaan akrabnya, dalam acara Launching E-Basen di Aula Bappeda Lebong, Kamis (14/12/2017).

"Saya ingatkan kepada Dukcapil, untuk terus meningkatkan pelayanan dalam pembuatan dokumen pribadi seperti KTP Elektronik (E-KTP), Kartu Keluarga (KK) serta akta kelahiran. Ini mengingat, sudah banyak pengaduan masyarakat (dumas) terhadap pelayanan Dukcapil Lebong," jelas Wawan.

Dicontohkan Wabup, misalnya ada warga Lebong yang baru saja sudah melahirkan, ingin pembuatan akte kelahiran maupun kartu keluarga (KK). Tidak mesti orang tua harus datang ke kantor dukcapil mengurusi akte kelahiran tersebut.

Oleh sebab itu, Dukcapil seharusnya mencari solusi alternatif dalam memberikan pelayanan atau menerapkan pelayanan publik yang berbentuk prima.

"Setelah ada surat keterangan lahir dari bidan, cukup dilaporkan melalui aplikasi kependudukan. Atas dasar itulah, seharusnya dukcapil  langsung bisa mencetak akte kelahiran serta mengantarkan langsung  kepada orang tua yg bersangkutan," singkat Wawan. [nat]


Komentar Pembaca
China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00