78 Desa di Bengkulu Selatan Rawan Pangan

Daerah  KAMIS, 07 DESEMBER 2017 , 18:38:00 WIB | LAPORAN: SUGIHARTO PURNAMA

78 Desa di Bengkulu Selatan Rawan Pangan
RMOL. Sebanyak 78 Desa di Kabupaten Bengkulu Selatan masih dikategorikan sebagai desa rawan pangan. Hal ini terjadi lantaran desa-desa tersebut sulit membawa hasil pangan karena minimnya sarana infrastruktur.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bengkulu Selatan Sukarni Dunip mengatakan, tahun depan pihaknya akan merealisasikan program diversifikasi pangan di desa-desa tersebut. Targetnya, program itu memberi efek positif bagi masyarakat.

"Kami terus berkoordiasi dengan OPD terkait guna mengentaskan desa-desa yang masih dikategorikan rawan pangan prioritas 1, 2 dan 3 di Bengkulu Selatan," ujar Sukarni.

Secara keseluruhan Kabupaten Bengkulu Selatan memiliki 142 desa, 2 UPT dan 16 kelurahan. Puluhan desa rawan pangan itu tersebar di sekitar pesisir pantai dan perbatasan Sumatera Selatan, lantaran akses jalan menuju desa serta sarana penunjang minim tersedia.

"Sebetulnya daerah ini mempunyai produksi pangan yang cukup, bahkan surplus, akan tetapi masyarakat kesulitan saat membawanya," pungkas Sukarni.

Sementara itu Bupati Kabupaten Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud mengakui, kondisi geografis menjadi faktor terhambatnya mobilisasi pangan di wiliyahanya. Untuk itu, Ia akan terus mengupayakan pembangunan bandara perintis dan pelabuhan pengumpan guna mempercepat pengentasan desa rawan pangan.

"Sumber daya alam sangat potensial, namun belum bisa dioptimalkan lantaran terkendala akses perhubungan. Pembangunan bandara dan pelabuhan akan menjawab persoalan kerawanan pangan di Bengkulu Selatan," tegas Dirwan. [ogi]

Komentar Pembaca
AM Fatwa Sang Pejuang Sejati

AM Fatwa Sang Pejuang Sejati

KAMIS, 14 DESEMBER 2017 , 13:00:00

Pembacaan Sumpah Pemuda Secara Serentak

Pembacaan Sumpah Pemuda Secara Serentak

RABU, 13 DESEMBER 2017 , 11:00:00

Lawatan Rizal Ramli Di Maluku Utara

Lawatan Rizal Ramli Di Maluku Utara

SABTU, 02 DESEMBER 2017 , 17:00:00