Wabup Minta Penggunaan DD Wajib Libatkan Tenaga Kerja Lokal

Daerah  KAMIS, 30 NOVEMBER 2017 , 20:00:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Wabup Minta Penggunaan DD Wajib Libatkan Tenaga Kerja Lokal

Wawan Fernandes/ RMOL Bengkulu

RMOL. Wabup Lebong, Wawan Fernandes meminta  pengelolaan dana desa (DD) pada pencairan tahap II tahun 2017, agar melibatkan tenaga kerja lokal di desa setempat.

"Seluruh pembangunan infrastruktur desa yang bersumber dari dana desa agar menggunakan tenaga kerja lokal. Dan pemerintah kecamatan, dalam hal ini Camat diberi kewenangan untuk mengawasinya," ujar Wawan sapaan akrabnya, Kepada RMOL Bengkulu, Kamis (30/11/2017).

Wawan mengatakan, tujuan dana desa dikucurkan adalah untuk memajukan wilayah secara signifikan dan mensejahterakan masyarakatnya. Sehingga, pengelolaan dana desa yang transparan dan tepat harus berdampak nyata pada masyarakat di desa itu.

"Pengaduan masyarakat (Dumas)  mengenai pelaksanaan DD tahp II. Banyak yang menggunakan tenaga kerja diluar desa.  Tujuan DD adalah pemerataaan perekonomian dan meningkatkan tingkat belanja masyarakat secara langsung di semua desa, bukan malah sebaliknya," tambah Wabup.

Ia mencontohkan, pengelolaan dana desa di beberapa desa yang tersandung kasus korupsi di Lebong. Itu salah satu akibat tidak transparannya pemerintah desa (Pemdes), terhadap pelaksanaan program sesuai perencanaan dan aspirasi masyarakat.

"Apalagi pemdes harus menyelaraskan program - program desa  dengan pemkab Lebong.  Kedepan, saya  akan tetap  mengevaluasi pelaksanaan DD dengan melibatkan  inspektorat termasuk PMDS sendiri. Apalagi regulasi aturan yang di buat oleh pemkab sudah jelas," demikian Wawan.[N14]


Komentar Pembaca
China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00