Berjualan Aksesoris, WNA Tiongkok Diamankan Petugas Imigrasi

Hukum  SELASA, 28 NOVEMBER 2017 , 21:14:00 WIB | LAPORAN: SUGIHARTO PURNAMA

Berjualan Aksesoris, WNA Tiongkok Diamankan Petugas Imigrasi

WNA Tiongkok Diamankan Petugas Imigrasi Bengkulu Selatan/ RMOL Bengkulu

RMOL. Petugas Imigrasi Bengkulu mengamankan seorang warga negara asing asal Tiongkok di Manna, Bengkulu Selatan pada Selasa petang (28/11). Pria bernama Cheng Kairong itu diduga menyalahgunakan izin tinggal.

"Kalau melihat dokumen yang dibawa, ia sudah dua kali melakukan kunjungan ke Indonesia menggunakan visa bisnis," kata Kasubdid Pengawasan Kemigrasian Bengkulu Rizki Nur kepada awak media.

WNA ini sebelumnya diamankan pihak kepolisian di Mapolres Bengkulu Selatan lantaran berjualan aksesoris di dalam lingkungan salah satu sekolah menengah atas di daerah tersebut. Dari dalam tasnya ditemukan uang senilai Rp 1.080.000 dan beberapa pecahan mata uang Tiongkok.

"Kalau merujuk pada visa bisnis yang ia pakai, maka ia tidak boleh berjualan di wilayah hukum Indonesia dengan alasan apapun," ujar Rizki.

Lebih lanjut Rizki menjelaskan, visa bisnis merupakan dokumen perizinan masuk ke suatu negara dengan tujuan untuk melakukan perjalanan bisnis, seperti rapat antar perusahaan, mengikuti pameran produk, kunjungan ke pabrik rekanan atau presentasi produk ke calon pembeli.

"Visa bisnis hanya boleh digunakan apabila ia membeli produk, bukan untuk menjual produk," kata Rizki.

Menurut Rizki, pihaknya akan melakukan tindak lanjut terhadap temuan ini dengan melakukan pemeriksaan dan pendalaman motif terkait alasan WNA Tiongkok itu berjualan akseoris di Bengkulu Selatan.

"Apabila nanti ditemukan pelangaran keimigrasian, maka ia bisa dikenakan TAK, deportasi atau bahkan penangkalan," demikian Rizki.[Y21]

Komentar Pembaca
Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00

Real Count KPU Lambat!

Real Count KPU Lambat!

KAMIS, 18 APRIL 2019 , 17:00:00

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

RABU, 17 APRIL 2019 , 19:00:00

Salam Dua Jari Prabowo

Salam Dua Jari Prabowo

RABU, 17 APRIL 2019 , 10:27:00