HKN, Rosjonsyah Launching Sibaes RJW”

Daerah  SENIN, 13 NOVEMBER 2017 , 20:48:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

HKN, Rosjonsyah Launching Sibaes RJW”

RMOL/Bengkulu

RMOL. Bupati Lebong, Rosjonsyah, melaunching Sibaes RJW atau sistem informasi Ibu hamil (Bumil) berbasis sms RJW dalam Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke 53 di depan halaman kantor Dinas Kesehan (Dinkes) Kabupaten Lebong.

Rosjonsyah, dalam sambutannya menyampaikan, dirinya menyambut baik dan mengapresiasi atas launching program Sibaes RJW tersebut. Sebab, kemenkes saat ini tengah mendorong Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Hal ini melihat permasalahan kesehatan yang masih terjadi di Indonesia, seperti tinggi kematian ibu hamil, kurang gizi, bahkan penyakit menular dan tidak menular.

"Ini segera harus diselesaikan jika kita ingin meningkatkan kualitas hidup dimasa yang akan datang. Terutama kepada Puskesmas, ini yang perlu saya tekankan kepada Kadis dan kepala Pukesmas agar mengerahkan seluruh potensi dalam rangka menyelesaikan permasalahan Kesehatan," Kata Rosjonsyah, Senin (13/11/2017).

Sementara itu, Sekretaris Dinkes Lebong, Rachman, menyampaikan, launching Sibaes RJW merupakan program  kerjasama antara Dinkes Lebong dan kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI yang bertujuan untuk melayanani Ibu Hamil selama proses kandungan hingga merawat bayi, meskipun program ini dikatakan hampir serupa dengan program sebelum nya.

"Perbedaannya, kalau Sibaes RJW para bumil mendapatkan informasi secara otomatis dari operator yang telah dibentuk dan mereka (Bumil, red) bisa konsultasi serta menanyakan beberapa pertanyaan masalah kesehatan dengan operator secara langsung. Sedangkan, SMS bunda mereka hanya menerima informasi dari operator dan tidak bisa konsultasi dengan operator,” jelas Rachman.

Diceritakan, bahwa seluruh bumil tidak dipungut biaya sedikit pun saat mendapatkan layanan informasi gratis tersebut. Hanya saja, untuk mendapatkan pelayanan tersebut, Bumil terlebih dahulu mendaftarkan nomor selulernya kepada Dinkes atau pihak Pukesmas setempat.

"Misalkan saat mengandung atau melahirka. Mereka (Bumil, red) sangat jarang bersentuhan langsung dengan sistem kesehatan yang berisikan pengetahuan tentang praktek perawatan kesehatan, tanda bahaya pada ibu dan bayi yang baru lahir juga sangat diperlukan saat mengandung,” demikian Rachman.

Pantauan RMOL Bengkulu, sebelum acara dimulai dilakukan upacara bendera sekitar pukul 08.00 WIb di halaman depan Kantor Dinkes Lebong. Acara dilanjutkan dengan melantik 68 Dokter Cilik (Docil) binaan Pukesmas Pelabuhan Talang Leak serta lomba parcel buah dan sayuran tingkat Pukesmas.[R90]



Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

KPK Memuakkan!

KPK Memuakkan!

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Alexis Jadi Al-Ikhlas, Bisakah?

Alexis Jadi Al-Ikhlas, Bisakah?

SENIN, 06 NOVEMBER 2017 , 13:00:00