Sosok Tono Pasar Kambing Untuk Kota Bengkulu

Politik  KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 08:34:00 WIB | LAPORAN: OGI MANSYAH

Sosok Tono Pasar Kambing Untuk Kota Bengkulu

Suhartono/RMOL Bengkulu

RMOL. Aura menjadi politisi memang sudah mengalir di dalam darahnya. Ia adalah mantan Ketua Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kota Bengkulu, Suhartono atau yang lebih dikenal dengan panggilan Tono pasar kambing, yang berhasil memenangkan Pileg pada tahun 2014 yang lallu.

Suhartono, dilahirkan 47 tahun yang lallu dari pasangan Bapak H.M. Dahlan B dan Ibu Hj Nurhayati, keduanya berasal dari suku serawai. Bapaknya merupakan seorang toko politik di Provinsi Bengkulu, tidak terlepas dari didikan dan ayoman orang tuanya terhadap dunia politik telah digelutinya sejak Suhartono lahir. Mulai dari Partai Nahdatul Ulama (NU) jabatan terakhir pada periode 1972 sampai 1975 sebagai sekretaris NU perovinsi Bengkulu, menjabat sebagai anggota DPRD Kota Bengkulu dan anggota DPRD Kabupaten Seluma.

Dibuktikan, dengan suksesnya Suhartono, memimpin Ketua DPD NasDem Kota Bengkulu, memenangkan Pileg tahun 2014 di Kota Bengkulu.

"Kembalinya saya ke rana politik, merupakan panggilan hati ditambah ada peluang untuk saya dari partai Demokrat yang membuka pendaftaran untuk Balon Walikota, adanya kesempatan ini yang membuat hati saya terpanggil kenapa tidak dicoba, karena apabila Allah SWT berkehendak kita tidak tahu," kata Tono pasar kambing, Kamis (9/11/2017).

Suhartono, dibesarkan di Bengkulu sebagai anak tertua dari delapan bersaudara, Suhartono bersekolah di Kota Bengkulu, SD tamat tahun 1983, SMPN 5 Kota Bengkulu tamat tahun 1986, SMA muhammadiyah 4 Kota Bengkulu tamat tahun 1989.

Setelah tamat SMA suhartono mulai menapaki bisnis swasta, dengan jual beli hewan ternak kambing dan sapi, yang terletak di Jalan Basuki Rahmat, bisnis yang dibangun akhirnya sukses dan menjadi yang terbesar di Kota Bengkulu, menjadibpusat jual beli kambing dan sejak saat itu sampai sekatang nama Tono Pasar Jambing melekat dalam diri Suhartono.

Seiring dengan waktu bergeraknya bisnis yang dikelolanya, Suhartono melanjutkan sekolahnya ke janjang S1, jurusan hukum pidana di Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH yang merupakan salah satu universitas swasta terkemuka di Provinsi Bengkulu tamat kuliah pada tahun 1997.

Suhartono menikah pada 01 Mei 1998 dengan Reni Heryanti, SH yang merupakan anak dari pasangan KG hasanudin dan Harimun yang berasal dari suku lembak, sekarang duduk sebagai anggota DPRD Kota Bengkulu dari fraksi NasDem dan sudah dikarunia tiga orang anak yaitu, Muhammad Riski Fadila, Marsyanda Ulfa dan Jessy Comala Sari.[R90]



Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

KPK Memuakkan!

KPK Memuakkan!

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Alexis Jadi Al-Ikhlas, Bisakah?

Alexis Jadi Al-Ikhlas, Bisakah?

SENIN, 06 NOVEMBER 2017 , 13:00:00