Dishubkominfo Bengkulu Selatan Dorong Penerapan Konsep Smart City

Daerah  KAMIS, 26 OKTOBER 2017 , 07:36:00 WIB | LAPORAN: SUGIHARTO PURNAMA

Dishubkominfo Bengkulu Selatan Dorong Penerapan Konsep Smart City
RMOL. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bengkulu Selatan terus mendorong upaya penerapan konsep smart city di lingkungan pemerintahan daerah. Langkah itu dilakukan guna meningkatkan kinerja manajemen audit, pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan sistem pemerintahan.

"Konsep ini akan diterapkan tahun depan. Seluruh OPD, mulai dari lembaga kedinasan hingga tingkatan desa harus terakomodir di dalam konsep ini," kata Kepala Diskominfo Kabupaten Bengkulu Selatan Liasmin Isdy.

Smart city merupakan sebuah konsep kota pintar yang akan mempermudah masyarakat, lantaran efisien dalam pemanfaatan sumber daya dan terintegrasi dengan teknologi.

Menurutnya, konsep berbasis elektronik itu akan mempermudah pendataan, input dokumen dan tata kelola pemerintahan dalam meningkatkan kualitas, pengawasan serta mencegah terjadinya tindak pidana korupsi.

"Seluruh aktivitas pemerintah mulai dari dokumen, transaksi keuangan hingga kegiatan nantinya akan tersaji secara realtime dan online," ucapnya.

Kesiapan Kabupaten Bengkulu Selatan dalam membangun smart city ditinjau melalui analisis infrastruktur dan suprastruktur terkait aspek perizinan legal. Sementara itu guna memuluskan penerapan konsep ini, Diskominfo mengusulkan suntikan dana investasi senilai Rp 16 miliar melalui Rancangan APBD tahun 2018 mendatang.

Terkait sarana infrastruktur berupa daya listrik dan koneksi internet yang belum mendukung, Liasmin mengatakan hal itu akan menjadi pekerjaan rumah pihaknya dan beberapa instansi terkait.

"Kami akan berupaya mencarikan solusi terhadap masalah ini supaya bisa terselesaikan, sehingga penerapan konsep smart city dapat segera terlaksana," jelas Liasmin. [Y21]

Komentar Pembaca