SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan Terapkan Sistem Belajar Online

Pendidikan  SENIN, 23 OKTOBER 2017 , 18:05:00 WIB | LAPORAN: SUGIHARTO PURNAMA

SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan Terapkan Sistem Belajar Online
RMOL. Pendidikan merupakan pusat kemajuan peradaban suatu bangsa, sebab melalui pendidikan masyarakat dapat mengetahui ke arah mana negara akan dibawa. Oleh karena itu, kualitas pendidikan perlu ditingkatkan melalui beragam wawasan dan cara baru salah satunya dengan pemanfaatan teknologi digital.

"Teknologi telah menjadi kebutuhan mendasar dalam dunia pendidikan saat ini. Itulah mengapa kami berupaya menerapkan pembelajaran berbasis online guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkungan sekolah," ujar Kepala Sekolah SMAN 1 Kabupaten Bengkulu Selatan Muhardin kepada RMOL Bengkulu.

Menurutnya, penerapan sistem pembelajaran online di daerah gagap teknologi bukanlah perkara mudah. Agustus 2017 lalu sistem tersebut resmi diberlakukan dengan menuai banyak pertentangan, baik itu dari kalangan siswa, orang tua hingga guru.

"Pendidikan konvensional dan cara berpikir kuno mesti dirubah. Teknologi harus diterapkan dalam seluruh sistem pendidikan agar memudahkan proses belajar dan mengajar," tegas Muhardin.

Kemajuan teknologi telah mengubah cara pandang dan bertindak Muhardin dalam bekerja serta mengatasi berbagai persoalan. Beragam model pembelajaran dengan mengunakan perangkat IT, seperti ponsel pintar dan komputer jinjing telah menghandle perkembangan dunia pendidikan di sekolah tersebut.

Model pembelajaran berbasis digital telah menawarkan kemudahan kepada guru dan siswa dalam mencari bahan pembelajaran melalui situs dan buku elektronik di internet, sehingga memangkas waktu dan menambah ruang gerak.

"Kami tidak perlu lagi membuang banyak kertas saat melakukan proses belajar-mengajar. Tugas harian sekolah, pekerjaan rumah siswa hingga ujian dilakukan melalui sistem online," tutur pria kelahiran Seginim tersebut.

Lebih lanjut Muhardin mengatakan, bagi negara maju, pendidikan berbasis teknologi dengan menerapkan berbagai teknik dan model pendikan berbasis sistem online bukan hal yang baru.

Sebagai pemula, SMAN 1 Kabupaten Bengkulu Selatan termasuk cepat dalam menanggapi perkembangan dan kemajuan dunia pendidikan.

"Dari seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan, SMAN 1 adalah sekolah pertama yang menerapkan sistem belajar online," katanya.

Dari total 29 ruang kelas di sekolah tersebut, penerapan sistem belajar online hanya merambah dua kelas saja. Muhardin berdalih, keterbatasan perangkat, daya listrik dan lemahnya akses internet menjadi kendala utama.

"Apabila jumlah guru dan siswa digabung, maka ada sekitar 1.000 orang di sekolah ini yang menggunakan listrik dan akses internet secara bersamaan, sehingga penerapan sistem belajar online belum berjalan maksimal," keluhnya.

Muhardin berharap, pemerintah dapat segera memberikan solusi terkait kendala yang mereka hadapi dalam menyerap dan mengimplementasikan pendidikan berbasis teknologi tersebut. [Y21]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

KPK Memuakkan!

KPK Memuakkan!

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Alexis Jadi Al-Ikhlas, Bisakah?

Alexis Jadi Al-Ikhlas, Bisakah?

SENIN, 06 NOVEMBER 2017 , 13:00:00