KPU Bengkulu Utara dan Bengkulu selatan Nyatakan Satu Parpol Lengkap Persyaratan

Politik  KAMIS, 12 OKTOBER 2017 , 23:14:00 WIB

KPU Bengkulu Utara dan Bengkulu selatan Nyatakan Satu Parpol Lengkap Persyaratan

Ilustrasi/Net

RMOL. Sejak dibuka pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2019 di Kabupaten Bengkulu Utara 3 Oktober 2017 lalu. Komisi Pemilihan Umum menyatakan baru satu partai politik yang dinyatakan lengkap persyaratan yakni Partai Amanat Nasional (PAN)

Komisi KPU Kabupaten Bengkulu Utara, Divisi Teknis Jonaidi kepada RMOL Bengkulu, Kamis (12/10) menegaskan dari hasil singkronisasi Sipol, PAN telah memenuhi persyaratan secara administrasi.

"Baru PAN yang dinyatakan lengkap persyaratannya, sedangkan Perindo yang sebelumnya mendaftar dikembalikan lagi untuk dilakukan perbaikan karena dianggap belum lengkap antara Sipol dengan keanggotaannya," kata Jonaidi.

Parpol lain, lanjut Jonaidi, seperti PSI, PDI-P, NasDem, Gerindra dan Golkar hingga saat ini masih melakukan konsultasi terkait kelengkapan persyaratan pendaftaran calon Parpol peserta Pemilu 2019.

"Masih ada waktu bagi pengurus parpol untuk melengkapi persyaratannya, batas akhir pendaftaran di tingkat kabupaten pada 16 Oktober," terangnya.

Sementara itu, di Kabupaten Bengkulu Selatan hingga hari ke sepuluh sama halnya seperti Kabupaten Bengkulu Utara baru satu parpol yang dinyatakan lolos kelengkapan persyaratan oleh KPU.

"Beberapa partai memang ada yang sudah mendaftar, namun berkas mereka belum lengkap. Ada juga yang masih melakukan konsultasi. Akan tetapi hingga hari ini kami baru mendata satu Parpol yang lolos pendaftaran Pemilu 2019, yaitu PDI Perjuangan," kata Komisioner KPU Kabupaten Bengkulu Selatan Roseka Yanti.  

Roseka mengingatkan agar setiap Parpol dapat tepat waktu saat mendaftar sebagai peserta Pemilu 2019, serta terus menjalin komunikasi dengan KPU selama proses pendaftaran. Apabila Parpol melakukan keterlambatan dalam mendaftarkan diri, maka secara otomatis tidak dapat mengikuti Pemilu 2019.

"Kami menyerukan kepada setiap Parpol yang ingin mendaftar agar memaksimalkan sisa waktu empat hari ini. Jika memang ada yang perlu dilengkapi lagi, Parpol segera membenahi rekomendasi itu selagi masih cukup waktu," jelasnya.

Jadwal pendaftaran Parpol calon peserta Pemilu 2019 dibuka selama dua pekan. Tahapan selanjutnya KPU akan melakukan penelitian administrasi, verifikasi faktual, lalu kemudian penetapan Parpol peserta Pemilu 2019.[N14/N80]

Komentar Pembaca
Liburan Seru dengan Angkutan Umum

Liburan Seru dengan Angkutan Umum

SABTU, 16 DESEMBER 2017 , 09:00:00

Jika Langgar Aturan, Jangan Harap Ada DWP Lagi!

Jika Langgar Aturan, Jangan Harap Ada DWP Lagi!

JUM'AT, 15 DESEMBER 2017 , 15:00:00

AM Fatwa Sang Pejuang Sejati

AM Fatwa Sang Pejuang Sejati

KAMIS, 14 DESEMBER 2017 , 13:00:00