Membangun Bengkulu Selatan Berbasis Pendidikan

Pendidikan  RABU, 11 OKTOBER 2017 , 12:04:00 WIB | LAPORAN: YETTI RAHMADANI

Membangun Bengkulu Selatan Berbasis Pendidikan

Dirwan Mahmud

RMOL. Pendidikan sebagai proses perkembangan budaya dan pembangunan, pendidikan selalu berkembang dan selalu dihadapkan pada perubahan zaman. Untuk itu pendidikan harus menjadi prioritas utama dalam setiap pembangunan
daerah. Hal inilah yang membuat Dirwan Mahmud Bupati Kabupaten Bengkulu Selatan, memprioritaskan mutu pendidikan harus diutamakan untuk kemajuan Kabupaten Bengkulu Selatan.

Menurut pria yang lahir di Manna Bengkulu Selatan pada 17 Mei 1959 ini, membangun suatu kabupaten harus melalui pendekatan ilmu pengetahuan dan budaya, untuk menciptakan generasi penerus yang berdaya saing global.

Untuk mewujudkan mimpi besarnya membangun Bengkulu Selatan, Dirwan Mahmud berupaya menciptakan perpustakaan berfasilitas modern sebagai sentral pendidikan di Provinsi Bengkulu dengan menyimpan ribuan literatur, manuskrip dan buku hanya dalam satu gedung.

"Biarlah Kantor bupati kecil, yang terpenting perpustakaan ini dibangun dengan fasilitas modern agar membuat masyarakat nyaman dan membuat generasi muda dengan mudah mengakses dunia luar dengan membaca," kata Dirwan Mahmud.

Menurut Dirwan rencana pembangunan gedung perpustakaan megah berlantai empat ini, akan dimulai pada awal tahun 2018 mendatang. Perpustakaan ini nantinya diharapkan akan menjadi ujung tombak kemajuan sosial, ekonomi hingga teknologi di Bengkulu, karena perpustakaan ini merupakan
terbesar di pulau Sumatera.

"Telah menjadi rahasia umum, bila banyak kerajaan masa lalu dan negara-negara luar mengalami kemajuan signifikan karena ilmu pengetahuan. Perpustakaan adalah jantung peradaban manusia. Langkah pembangunan daerah berbasis
pendidikan merupakan cara sederhana dalam meningkatkantaraf hidup masyarakat di wilayah ini," Jelasnya.

Dalam membenahi sektor pendidikan, pemerintah kabupaten Bengkulu Selatan mengalokasikan anggaran belanja pendidikan sebesar 35 persen dari total APBD 2017 sebesar Rp 954 miliar.

Terbukti keseriusan Dirwan Mahmud membangun Bengkulu Selatan berbasis pendidikan ini dengan menorehkan prestasi pada 21 Februari 2017 beberapa waktu lalu, dengan menggelar kegiaran Gerakan Bengkulu Selatan Membaca dengan memecahkan Rekor Muri Indonesia yang diikuti 131 peserta membaca. Selain itu Dirwan menargetkan Bengkulu Selatan menjadi fokus dan tujuan baca se-Provinsi Bengkulu bahkan se-Sumatera dengan mencanangkan pembangunan gedung perpustakaan termegah yang dilengkapi segala fasilitas penunjang kemajuan.

Adapun rencana pembangunan perpustakaan tersebut dicanagkan dilakukan pada tahun 2018 mendatang, dengan penganggran sebebsar Rp 5,5 miliar, dimana perpustakaan tersebut dibangun empat lantai.


Dirwan Mahmud saat memberikan motivasi pendidikan kepada peserta Gerakan Bengkulu Selatan Membaca pada 22 Februari 2017 dengan memecahkan Rekor MURI dengan peserta membaca sebanyak 131 ribu.

Dirwan berharap dengan anggaran 35 persen dari APBD Bengkulu Selatan, ini dapat bertahap memecahkan persoalan dalam pendidikan yang selama ini terjadi, seperti minimnya sarana dan prasarana sekolah di pedesaan serta rendahnya pemanfaatan teknologi tepat guna.

Untuk menunjang pendidikan itu, Dirwan mengatakan bahwa pihaknya telah memperluas jaringan dengan bekerjasama dengan berbagai universitas ternama di Indonesia, dalam membantu pemerintah daerah melakukan pembangunan di
Bengkulu Selatan.

Bila Jawa Timur memiliki Kampung Inggris yang berlokasi di Pare, maka Bengkulu Selatan memiliki Taman Inggris di Pantai Pasar Bawah yang menghadap langsung ke Samudera Hindia. Di sana warga dan para peserta lembaga kursus harus berkomunikasi mengunakan bahasa Inggris. Proyek
pendidikan itu telah dimulai sejak Januari 2017 hingga sekarang, bekerjasama dengan sebuah lembaga pendidikan luarsekolah asal Jakarta.

Para pengajar di Taman Inggris merupakan warga asing yang didatangkan langsung dari berbagai negara, dan berganti setiap dua bulan, agar peserta kursus tidak merasa jenuh. Para peserta lembaga kursus tidak dipungut biaya dalam
mengikuti seluruh rangkaian proses belajar.

"Ide membangun Taman Inggris dilakukan untuk kemajuan generasi muda di Bengkulu Selatan, agar mampu bersaing dalam mengejar prestasi pada ajang internasional. Bahasa memang menjadi kendala warga dalam menjalin hubungan
terhadap dunia luar dan program ini diharapkan mampu melampaui batasan-batasan yang selama ini ditakuti warga," katanya.

Dirwan Mahmud mengungkapkan, Pendidikan, budaya dan moralitas berdasarkan agama harus dibangun secara bersamaan, yang nanti akan melahirkan sebuah peradaban besar. Selain pendidikan, Dirwan juga akan memajukan budaya sebagai aset pariwisata yang kedepan dapat mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi dan peningkatan pendapatan daerah.

Demi mewujudkan semua mimpi-mimpi besarnya Dirwan Mahmud harus mengorbankan harga diri dan jatuh bangun dalam mendapatkan kepercayaan sebagai orang nomor satu di Bengkulu Selatan, dimana sebelum ditetapkan sebagai bupati terpilih periode 2016-2021 pada pilkada serentak 9 Desember 2015 lalu, pria 58 tahun ini sebelumnya pernah memenangkan Pilbup Bengkulu Selatan tahun 2010.

Namun kemenangan itu digugurkan lawannya dengan cara menggugat ke Mahkamah Konstitusi (MK). Salah satu bahan gugatan yang diajukan lawannya adalah status terpidana Dirwan Mahmud, dalam berkas gugatan yang ada di MK Dirwan disebut merupakan terpidana kasus narkoba pada tahun 2011 dengan masa hukuman 4 tahun 3 bulan penjara di Lembaga Permasyarakatan Kalianda Lampung Selatan.

Pada 10 Mei 2016, kembali Dirwan Mahmud yang sudah berstatus sebagai bupati di terpa isu tak sedap dengan ditemukannya Ekstasi dan Sabu di ruang kerjanya dalam penggeledahan yang dilakukan BNNP dan Polres Bengkulu
Selatan. Namun hal itu terbantahkan dengan ditetapkannya Reskan Effendi yang merupakan mantan bupati sebelumnya sebagai lawan Dirwan di Pilkada serentak 2015 sebagai tersangka aktor peletakan narkoba di ruang kerja bupati
bersama rekan-rekannya. [Y21]


Komentar Pembaca
Liburan Seru dengan Angkutan Umum

Liburan Seru dengan Angkutan Umum

SABTU, 16 DESEMBER 2017 , 09:00:00

Jika Langgar Aturan, Jangan Harap Ada DWP Lagi!

Jika Langgar Aturan, Jangan Harap Ada DWP Lagi!

JUM'AT, 15 DESEMBER 2017 , 15:00:00

AM Fatwa Sang Pejuang Sejati

AM Fatwa Sang Pejuang Sejati

KAMIS, 14 DESEMBER 2017 , 13:00:00