Dirwan: Permasalahan Perusahaan Sawit Akibat Pemerintahan Sebelumnya

Daerah  SELASA, 10 OKTOBER 2017 , 19:07:00 WIB | LAPORAN: SUGIHARTO PURNAMA

RMOL. Bupati Kabupaten Bengkulu Selatan, Dirwan Mahmud, mengatakan seluruh permasalahan tiga perusahaan kelapa sawit yang berdiri di Bengkulu Selatan terjadi merupakan akibat kesalahan era pemerintahan sebelumnya yang terlalu mudah memberikan izin mendirikan usaha.

"Pendirian pabrik ini semuanya melanggar. Barangkali dengan pemerintahan yang dulu, bupati sebelumnya," kata Dirwan.

Dirwan menjelaskan ketiga perusahaan kelapa sawit yang berpolemik di masyarakat itu tidak pernah mengurus izin dengan baik pada era pemerintahan sebelumnya, bahkan ada satu perusahaan dengan sengaja merubah izin tersebut, sehingga berdampak terhadap pemerintahan saat ini.

"Izin itu diberikan dari pemerintah sebelumnya, seperti PT ABS yang izin lokasi habis 2015 namun masih tetap beroperasi. Ada pula PT SBS yang sudah lama berdiri akan tetapi perizinan baru mereka urus," kata Bupati Dirwan Mahmud.

Selain PT ABS dan PT SBS, dia juga menjelaskan PT Jatropha yang awalnya meminta izin untuk menanam pohon jarak, namun faktanya perusahaan itu justru menanam kelapa sawit yang berlokasi di pinggiran aliran sungai sehingga berdampak terhadap penurunan debit air dan pengurangan produksi pertanian masyarakat.

"Saya mengintruksikan agar semua permasalahan ini segera dievaluasi," geramnya.

Karena menurut Dirwan, permasalahan terkait pelanggaran pabrik sawit ini sudah berlarut-larut, terutama PT SBS yang sudah sangat meresahkan warga sekitar karena pencemaran limbah pengolahan kelapa sawitnya, mulai dari bau busuk hingga mematikan biota sungai Air Selali. [Y21]



Komentar Pembaca
Liburan Seru dengan Angkutan Umum

Liburan Seru dengan Angkutan Umum

SABTU, 16 DESEMBER 2017 , 09:00:00

Jika Langgar Aturan, Jangan Harap Ada DWP Lagi!

Jika Langgar Aturan, Jangan Harap Ada DWP Lagi!

JUM'AT, 15 DESEMBER 2017 , 15:00:00

AM Fatwa Sang Pejuang Sejati

AM Fatwa Sang Pejuang Sejati

KAMIS, 14 DESEMBER 2017 , 13:00:00