Beni: Balon Walikota Bengkulu Minim Komitmen Terhadap Isu Lingkungan

Politik  KAMIS, 05 OKTOBER 2017 , 18:08:00 WIB | LAPORAN: SUGIHARTO PURNAMA

Beni: Balon Walikota Bengkulu Minim Komitmen Terhadap Isu Lingkungan
RMOL. Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Bengkulu Beni Ardiansyah, menilai para bakal calon yang digadang dalam pemilihan walikota Bengkulu 2018 belum mengedepankan isu lingkungan hidup, sebagai wujud komitmen calon dalam membangun Kota Bengkulu berbasis kawasan yabg ramah lingkungan.

"Dari pantauan yang kami lakukan melalui pemberitaan di media massa dan media sosial, balon di Pilwakot Bengkulu belum mengedepankan isu lingkungan dalam program strategis mereka," kata Beni ketika diwawancarai RMOL Bengkulu.

Menurutnya, isu lingkungan hidup penting diusung bakal calon yang akan mengikuti ajang pemilihan umum, mengingat saat ini kondisi lingkungan hidup Kota Bengkulu sedang mengkhawatirkan.

"Seperti ledakan populasi perumahan, banjir, penyempitan danau Dendam, pencemaran sungai, pembangunan PLTU hingga nasib nelayan lokal yang semakin terjepit akibat minimnya tangkapan ikan. Isu-isu lingkungan hidup seperti ini belum dilirik oleh para bakal calon, padahal jadwal penyelenggaraan Pemilu sebentar lagi," katanya.

Selain rendahnya komitmen lingkungan para bakal calon di pilwakot Bengkulu terhadap isu lingkungan, Walhi juga menyoroti cara berkampanye yang dilakukan politikus. Pola kampanye yang tidak menjaga lingkungan, seperti menempel spanduk di batang-batang pohon masih banyak ditemukan.

"Contoh sederhana seperti itu dapat menjadi indikator, bahwa ada Balon yang tidak peduli lingkungan di Kota Bengkulu. Sudut padang Balon Pilwakot semata-mata hanya melihat pada prospek ekonomi dan pendidikan, sehingga bahaya perubahan iklim dikesampingkan," ujar Beni. [Y21]

Komentar Pembaca
Liburan Seru dengan Angkutan Umum

Liburan Seru dengan Angkutan Umum

SABTU, 16 DESEMBER 2017 , 09:00:00

Jika Langgar Aturan, Jangan Harap Ada DWP Lagi!

Jika Langgar Aturan, Jangan Harap Ada DWP Lagi!

JUM'AT, 15 DESEMBER 2017 , 15:00:00

AM Fatwa Sang Pejuang Sejati

AM Fatwa Sang Pejuang Sejati

KAMIS, 14 DESEMBER 2017 , 13:00:00