Bengkulu Selatan Siap Bangun Pasar Modern

Ekbis  KAMIS, 28 SEPTEMBER 2017 , 16:20:00 WIB | LAPORAN: SUGIHARTO PURNAMA

RMOL. Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan berencana akan membangun pasar modern, melalui kerjasama dengan investor swasta Witjaksono Group, sebagai penyokong dana.

Kabid Perdagangan Disperindag Kabupaten Bengkulu Selatan, Agustian, menyampaikan pembangunan pasar modern itu ditujukan guna menopang pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Pemerintah daerah berencana membangun pasar modern dengan merevitalisasi Pasar Tradisional Ampera di Manna," katanya kepada RMOL Bengkulu, Kamis (28/9).

Revitalisasi Pasar Tradisional Ampera menjadi pasar modern ditujukan khusus mengakomodir tempat berbelanja kebutuhan pangan serta sentra perdagangan yang ada, untuk mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selain revitalisasi Pasar Tradisional Ampera, pemerintah daerah juga berencana merevitalisasi Pasar Tradisional Kutau untuk dijadikan mall, sebagai pusat perbelanjaan produk fashion dan rumah tangga.

Wakil Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi menuturkan, prototype standarisasi pembangunan dan tata kelola pasar yang akan dibangun nantinya mengacu pada Pasar Modern BSD City di Tangerang, Banten.

"Pembangunnya akan dilakukan sesegera mungkin dengan mangadopsi sistem yang ada pada Pasar Modern BSD City di Tangerang. Kami berharap revitalisasi dapat dimulai tahun ini," katanya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, sebagai ibu kota Kabupaten Bengkulu Selatan, maka Kota Manna layak mempunyai pasar tipe c yang bersih dan tertata rapi. Pembangunan ini juga mendukung program pemerintahan Jokowi-JK dalam membangun pasar sebagai pusat kegiatan ekonomi rakyat.

"Hal ini kami lakukan demi menampung para pedagang kecil dan UMKM di Bengkulu Selatan, sekaligus mengangkat status pasar tradisional yang citranya kumuh dan semerawut menjadi pasar modern yang bersih dan tertata rapi," pungkasnya.

Gusnan menjelaskan, nantinya pasar itu akan menampung aktivitas ekonomi dari sejumlah wilayah, yakni Kabupaten Bengkulu Selatan, Kaur dan Seluma di Provinsi Bengkulu kemudian Kabupaten Lahat dan Pagar Alam di Provinsi Sumatera Selatan.

"Kami mohon dukungan dari semua pihak agar pembangunan ini segera terealisasi, sehingga mampu mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kabupaten Bengkulu Selatan," Harap Gusnan.

Selain itu, dirinya memastikan jika pembangunan pasar modern yang sesegera mungkin dilaksanakan ini murni dari inisiasi full investor sehingga tidak menggangu APBD Kabupaten Bengkulu Selatan.

"Dan untuk investasi kami sudah menjajaki Witjaksono Group, insha Allah mereka sangat siap untuk menginvestasikan di Manna," jelasnya.  [Y21]



Komentar Pembaca
Pos Menko Perekonomian Dihilangkan Saja!

Pos Menko Perekonomian Dihilangkan Saja!

SELASA, 11 JULI 2017 , 15:00:00

Kinerja Sri Mulyani Mengkhawatirkan

Kinerja Sri Mulyani Mengkhawatirkan

SELASA, 11 JULI 2017 , 13:00:00

Tito Karnavian Ingin Pensiun Dini

Tito Karnavian Ingin Pensiun Dini

SELASA, 11 JULI 2017 , 11:00:00