Aktualisasi Nilai Pancasila Pemersatu Bangsa

Nusantara  MINGGU, 24 SEPTEMBER 2017 , 11:09:00 WIB

RMOL. Pancasila harus tetap menjadi ideologi pemersatu bangsa di tengah keberagaman dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Begitu dikatakan anggota Komisi II DPR RI, Drs. Sirmadji, MPd dalam surat elektronik yang dikirimkan ke redaksi, Sabtu (23/9).

Hal yang sama diutarakannya dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan MPR RI kepada kader Partai PDI Perjuangan dan masyarakat Kecamatan Punungan  di Balai desa Punungan, Kabupaten Pacitan-Jawa Timur.

"Aktualisasi nilai-nilai Pancasila harus tetap dilakukan setiap saat setiap hari diawali dari pribadi sendiri serta di kehidupan bermasyarakat," kata dia.

Menurut dia, sosialisasi Empat Pilar juga untuk mengingatkan dan menyegarkan kembali komitmen seluruh komponen bangsa agar pelaksanaan dan penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Agar selalu menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dalam rangka mewujudkan negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur," jelasnya.

Sirmadji mengatakan, Pancasila bukan hanya sekedar lambang atau simbol. "Jelas dan tegas bahwa Empat pilar kebangsaan yang harus di jaga yakni Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, mengatur dan memiliki kedaulatan di bidang politik, kemandirian di bidang ekonomi serta berkpribadian dalam kebudayaan sebagai ideologi dan  cita-cita bangsa," tandasnya. [Y21]



Komentar Pembaca