Teguran Buat Walikota, Kemdagri "Lumpuhkan" Aktivitas Dukcapil

Daerah  SELASA, 12 SEPTEMBER 2017 , 19:56:00 WIB | LAPORAN: OGI MANSYAH

Teguran Buat Walikota, Kemdagri
RMOL. Jaringan server Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu di putus Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pemutusan jaringan server Dukcapil Kota Bengkulu ini telah terjadi selama 2 minggu terakhir. Sehingga mengakibatkan pemberhentian aktivitas pelayanan terhadap masyarakat yang ingin melakukan pembuatan KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran dan administrasi kependudukan lainnya.

Dari informasi yang didapat, pemutusan jaringan server Dukcapil Kota Bengkulu dilakukan pihak Kemendagri karena sistem mutasi yang dilakukan Pemerintah Kota Bengkulu yang dinilai melanggar kententuan undang-undang dan peraturan Mendagri Tjahjo  Kumolo.

Sebab, mutasi pengangkatan dn pemberhentian pejabat di dinas Dukcapil dan unit kerja yang menangani administrasi kependudukan dan catatan sipil harus melalui persetujuan Mendagri.

Mengetahui hal itu, Ketua fraksi Gerinda DPRD Kota Bengkulu, Sutardi, didampingi oleh Wakil Ketua I DPRD Kota Bengkulu, Yudi Darmawansyah, langsung menggelar sidak ke kantor Dukcapil Kota Bengkulu.

"Kita mempertanyakan seperti apa informasi tersebut, apa benar saat ini jaringan server Dukcapil ini diputus oleh pusat," kata Sutardi.

Dan hal pemutusan jaringan server Dukcapil oleh Kemendagri dibenarkan Isnaini, selaku sekretaris Dukcpil Kota Bengkulu.

"Iya memang untuk saat ini jaringan server putus dan tidak bisa mencetak E-KTP," kata Isnaini.

Diduga Kemendagri melakukan pemutusan jaringan server Dukcapil Kota Bengkulu, merupakan bentuk dari teguran sekaligus hukuman bagi Walikota Bengkulu Helmi Hasan, akibat mutasi yang dianggap melanggar aturan.

"Kalau saya belum melihat surat sanksi dari pusat, mungkin dengan Kepala Dinas," ucap Isanaini.

Diketahu saat Sidak DPRD Kota Bengkulu, Kadis Dukcapil sedang tidak ada ditempat dikarenakan menhadiri acara di tingkatan provinsi. [Y21]




Komentar Pembaca
Pos Menko Perekonomian Dihilangkan Saja!

Pos Menko Perekonomian Dihilangkan Saja!

SELASA, 11 JULI 2017 , 15:00:00

Kinerja Sri Mulyani Mengkhawatirkan

Kinerja Sri Mulyani Mengkhawatirkan

SELASA, 11 JULI 2017 , 13:00:00

Tito Karnavian Ingin Pensiun Dini

Tito Karnavian Ingin Pensiun Dini

SELASA, 11 JULI 2017 , 11:00:00