Keberadaan Pabrik Semen Kendeng Bukti Pancasila Mulai Luntur

Nusantara  SELASA, 12 SEPTEMBER 2017 , 12:16:00 WIB | OLEH: YETTI RAHMADANI

RMOL. Beroperasinya pabrik semen di Pegunungan Kendeng, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, bukti nilai-nilai Pancasila sudah mulai luntur.

Demikian disampaikan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan ketika ditemui di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (12/9).

Zulkifli mengingatkan kembali bahwa Indonesia mengikat diri pada sila ketiga Pancasila, yaitu persatuan Indonesia, yang mejamin dan melindungi hak-hak warga negara menjadi sama rata dan sepenanggungan.

"Diterjemahkan oleh UUD 1945 Pasal 33 yaitu bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat," jelasnya.

Bagi ketum PAN yang akrab disapa Zulhas itu, semen memang dibutuhkan untuk pembangunan nasional, tetapi jangan sampai mengenyampingkan hak masyarakat.

Ia menganggap jika memang keberadaan pabrik semen mengganggu mata pencaharian masyarakat Kendeng, maka pabrik tersebut harus dihentikan.

"Jangan sampai pabriknya terus maju, tetapi rakyat sekitar enggak bisa bertani," tukas Zulhas.

Sampai hari ini belasan petani Pegunungan Kendeng masih bertahan di depan Istana Presiden Jakarta untuk berharap bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan meminta pabrik semen Indonesia yang beroperasi di Kendeng agar segera dihentikan. [Y21]





Komentar Pembaca
Aman Abdurrahman Divonis Hukuman Mati

Aman Abdurrahman Divonis Hukuman Mati

JUM'AT, 22 JUNI 2018 , 11:00:00

Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

SELASA, 19 JUNI 2018 , 11:00:00

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

SENIN, 18 JUNI 2018 , 09:00:00