Menpan Apresiasi Pelayanan Publik Sumsel

Nusantara  JUM'AT, 08 SEPTEMBER 2017 , 22:35:00 WIB | OLEH: YETTI RAHMADANI

Menpan Apresiasi Pelayanan Publik Sumsel

Foto/RMOLSumsel

RMOL. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI Asman Abnur, kembali berkunjung ke Bumi Sriwijaya untuk meninjau langsung sekaligus memberikan arahan terkait strategi meningkatkan kualitas pelayanan publik.  

Kunjungannya dimulai meninjau Kantor Samsat Kota Palembang, Kantor Badan Pertanahan (BPN) Kota Palembang dan Direktorat Lalu Lintas Polda Sumsel, diteruskan memberikan Kuliah Umum di Gedung Graha Universitas Sriwijaya (Unsri) Kampus Bukit Besar, hingga menjadi narasumber pada Rakornas Forum Sekretaris Daerah seluruh Indonesia di Lantai 3 Hotel Horison.

Dengan didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel Nasrun Umar, Menpan mengatakan, Sekda merupakan ujung tombak indikator yang dijadikan motor penggerak untuk aparatur negara dalam meningkatan pelayanan publik. Kemudian ia menuturkan dalam waktu dekat Indonesia akan mempunyai Mall Pelayanan Publik. Dimana sistem pelayanan satu pintu yang terintegrasi dengan teknologi melalui Mall Pelayanan Publik. Peluncuran program ini bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Menurut Menpan RB, Asman Abnur, Mall Pelayanan Publik terintegrasi ini akan membantu memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai urusan seperti perpajakan, surat nikah, SKCK, SIM dan paspor.

"Jadi semua pelayanan terintegrasi di satu gedung mulai dari mengurus SKCK bahkan surat kawin dan lainnya semuanya ada disana. Ini kita resmikan tahun ini di DKI Jakarta, Batam dan Surabaya. Nantinya Mall Pelayanan Publik akan kita jadikan ciri khas pelayanan publik kita dan saya harap Kota Palembang juga ada,"tuturnya.

"Inovatif saja tidak cukup, dimana memerlukan informatif yang tersosialisasi hingga kebawah, kerena secanggih apapun sistem tidak mampu menjangakau daerah terpelosok," ungkapnya

dalam kuliah umumnya ia memberikan motivasi dan sekaligus memberikan beberapa langkah bagi para Rektor, Wakil Rektor dan Dekan yang dianggap sebagai pemimpin.

"Jadi ada beberapa langkah yang perlu saya infromasikan kepada para Rektor, Wakil Rektor dan Dekan yang dianggap pemimpin. Kalau kita sebagai pemimpin tidak membawa perubahan rasanya berdosa, tidak semua orang diberi kesempatan menjadi pemimpin baik itu Gubernur, Bupati/Walikota dan Rektor. Maka dari itu lakukan perubahan teruskan inovasi-inovasi perubahan, pemimipin perannya sangatlah besar di dalam melakukan perubahan,"ujarnya.

Selain itu, Didalam masa kepemimipinannya menjadi Menpan, dirinya telah menerapkan beberapa langkah seperti menerapkan manajemen kinerja dan perbaiki organisasi. Maka itu, dirinya mengharapkan Unsri juga dapat menerapkan manajemen kinerja agar kedepannya Unsri menjadi Universitas yang berskala Global.

"Jika Unsri berhasil melakukan itu mudah-mudahan Unsri menjadi percontohan untuk Universitas di Indonesia,"katanya.

Sementara Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel Nasrun Umar menyambut baik dan akan segera merealisasikan terciptanya Mall Pelayanan Publik yang terintegrasi di Sumsel sebagai upaya mempermudah masyrakat dalam jasa pelayanan.

Menurutnya Pemprov Sumsel selalu dan akan terus turut serta partisipasi aktif mendukung program Pemerintah dalam penyelenggaraan otonomi daerah melalui pengelolaan sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional, berintegritas dan berkinerja tinggi dalam melayani masyarakat.

"Dimana semua itu untuk mewujudkan cita-cita reformasi birokrasi yakni Pemeritahan berkelas dunia tahun 2025," tegasnya

Tidak hanya disitu saja, Lanjut Nasrun upaya Pemprov Sumsel untuk terus melakukan berbagai inovasi di daerah juga sebagai bukti nyata komitmen yang kuat dari Pemerintah Daerah yang terus melakukan pengembangan potensi dimana masyrakat dapat terlayani sesuai harapan.

"Pemerintah daerah berupaya semaksimal mungkin untuk berupaya seefektif mungkin, efisien, dan terukur melembaga yang berkelanjutan tentang prospek strategi reformasi birokrasi," tambahnya.[Y21]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

KPK Memuakkan!

KPK Memuakkan!

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Alexis Jadi Al-Ikhlas, Bisakah?

Alexis Jadi Al-Ikhlas, Bisakah?

SENIN, 06 NOVEMBER 2017 , 13:00:00