Teuku Zulkarnain Berangkatkan Rizki Operasi Ke Jakarta

Daerah  KAMIS, 31 AGUSTUS 2017 , 01:01:00 WIB | OLEH: YETTI RAHMADANI

Teuku Zulkarnain Berangkatkan Rizki Operasi Ke Jakarta
RMOL. Wakil Ketua II DPRD Kota Bengkulu, Teuku Zulkarnain, berangkatkan Rizki Ridho Kurniawan penderita pembengkakan pada bagian paha kanan ke Jakarta guna menjalani operasi di RS Fatmawati.

Pembengkakan pada bagian paha kanan yang di derita Rizki, sejak 4 tahun yang lalu. Dan telah menjalani operasi sebanyak 3 kali di RS M Yunus Bengkulu, namun hingga saat ini penyakit tersebut masih bersarang di pahanya.

"Iya bang, sudah 3 kali dioperasi di RS M Yunus. Tapi belum juga sembuh," kata Rizki singkat.

Akibat dari pembengkakan di paha yang tak kunjung sembuh, akhirnya Rizki terpaksa berhenti sekolah saat duduk di kelas 2 SMP.

"Waktu itu kelas 2 SMP berhenti sekolah lantaran tidak sanggup lagi ke (sekolah). Kami juga tak punya biaya, baik untuk berobat maupun untuk sekolah Rizki. Selama ini sudah cukup sering dibantu oleh keluarga maupun tetangga," jelas Ibunda Rizki kepada jurnalis RMOLBengkulu.com.

Hal ini yang menggugah hati Teuku Zulkarnain untuk membantu Rizki agar dapat segera sembuh dari penyakit yang dideritanya. Menurut Teuku, tidak ada alasan untuk tidak membantu. Apalagi jika kita memang memiliki kemampuan untuk sedikit meringakan beban penderitaan yang di alami keluarga Rizki.

"Ada banyak rakyat di kota ini yang sakit dan miskin. Diantaranya ada pula yang tidak terjangkau oleh BPJS. Ada yang terjangkau oleh BPJS, tapi terkendala dengan keterbatasan fasilitas dan kemampuan rumah sakit sehingga harus di rujuk ke jakarta atau palembang," kata Teuku.

Teuku juga membeberkan tentang fakta-fakta sosial mengenai kondisi finansial masyarakat miskin yang seringkali menjadi hambatan dan kendala bagi mereka untuk mendapatkan pelayanan yang cepat tanggap.

"Saya pernah mendapat laporan dari masyarakat mengenai adanya praktik jual beli kamar yang dilakukan oleh oknum petugas rumah sakit di bengkulu ini. Modusnya adalah "kamar habis". Tapi pas disodorkan uang segepok atau didatangi keluarga pasien yang pejabat,  eh langsung bilang "ada kamar pak". Bagi rakyat miskin yang tak punya biaya beli kamar dan tak juga punya sanak keluarga dari kalangan pejabat, tentu hal ini sangat membebani dan menyakitkan mereka. Seharusnya orang sakit itu mendapat pelayanan yang cepat tanggap. Setelah ditangani, baru bicarakan soal biaya dan administrasinya," ujar Teuku.

Teuku menilai bahwa sudah saatnya pemerintah memikirkan formulasi anggaran untuk menyikapi persoalan tersebut. Jangan sampai persoalan ini berlarut-larut.

"Kasian masyarakat kalau pemerintah tidak segera membuat formulasi anggaran untuk mengatasi kendala finansial masyarakat miskin dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang setara dengan orang-orang kelas menengah dan berduit," jelasnya.

Atas bantuan Wakil Ketua II DPRD Kota Bengkulu yang juga politisi PAN ini, Rizki beserta keluarga dan juga Ketua RT 23 Kelurahan Kandang Mas mengucapkan terima kasih. Mereka juga berharap pemerintah kota dapat semakin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Kami benar-benar berterima kasih kepada pak Teuku, sudah mau membantu kami untuk mengobati Rizki ke Jakarta. Kami tidak tahu harus bagaimana untuk membalas kebaikan beliau. Yang jelas kami sangat berterima kasih," kata Ibunda Rizki.

Keberangkatan Rizki didampingi oleh ibu dan bibinya, serta pak Basyarudin dari puskesmas kelurahan Kandang Mas,  kota Bengkulu. [CW6]



Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

KPK Memuakkan!

KPK Memuakkan!

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Alexis Jadi Al-Ikhlas, Bisakah?

Alexis Jadi Al-Ikhlas, Bisakah?

SENIN, 06 NOVEMBER 2017 , 13:00:00