Bengkulu Selatan Bersiap Swasembada Jagung

Daerah  KAMIS, 31 AGUSTUS 2017 , 00:58:00 WIB | OLEH: YETTI RAHMADANI

Bengkulu Selatan Bersiap Swasembada Jagung
RMOL. Mimpi pemerintah daerah guna menjadikan Bengkulu Selatan sebagai wilayah swasembada jagung, menemui jalan terang.

Berbagai keperluan seperti bibit dan peralatan pertanian modern telah dipersiapkan, puncaknya kunjungan Menteri Pertanian, Andi Arman Sulaiman, ke Desa Lubuk Ladung Kecamatan Kedurang Ilir, yang dijadwalkan pada 4 September 2017 mendatang.

"Insya Allah! Menteri Pertanian akan datang ke sini, Senin depan. Semuanya telah kami persiapkan, termasuk hotel hingga rekayasa jalan raya untuk menyambut beliau," kata Bupati Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud.

Dalam dua pekan terakhir, pemerintah daerah dan sejumlah intansi disibukan dengan persiapan penyambutan kedatangan menteri pertanian untuk percepatan swasembada jagung di Bengkulu Selatan.

Bahkan pemerintah daerah berencana membentuk Peraturan Daerah (Perda) yang menghimbau masyarakat di Bengkulu Selatan menanam jagung di lahan-lahan kosong sekitaran rumah.

"Kami menyambut baik program pemerintah pusat dalam mengejar target ketahanan pangan nasional. Perda akan kami bentuk untuk mempercepat swasemba jagung di daerah ini," terang Dirwan.

Saat ini, sebanyak 10 ribu hektare lahan telah dipersiapkan pemerintah untuk ditanami jagung demi mengejar target swasembada ketahanan pangan, khususnya Kabupaten Bengkulu Selatan, yang diperkirakan akan tercapai akhir tahun ini.

Rencana pencapaian produksi pangan strategis itu merupakan program terobosan dari Kementerian Pertanian RI dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia,
tahun 2045. [CW1]

Komentar Pembaca