Komisi I DPRD Kota Bengkulu Hearing dengan Dukcapil dan KPU

Advertorial  SENIN, 21 AGUSTUS 2017 , 19:51:00 WIB | LAPORAN: OGI MANSYAH

Komisi I DPRD Kota Bengkulu Hearing dengan Dukcapil dan KPU
RMOL. Komisi I DPRD Kota Bengkulu menggelar hearing dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu, terkait alokasi kursi DPRD Kota Bengkulu pada Pemilihan Umum Legislatif 2019 mendatang.

Dikatakan Hamsi, sebagai pimpinan rapat diundangnya mitra kerja, Dukcapil dan KPU adalah tentang adanya informasi yang didapat dewan dari kementerian, dimana jumlah kursi DPRD Kota Bengkulu untuk periode 2019-2024 dipastikan tetap 35. Tidak ada penambahan kursi, seperti yang terwacanakan selama ini akan bertambah 5 kursi lagi menjadi 40.

"Ada perbedaan yang cukup signifikan antara data penduduk yang tercatat di Dukcapil dan Kementerian Dukcapil Pusat, sehingga alokasi kursi untuk DPRD Kota Bengkulu yang akan datang tidak terjadi penambahan," kata Hamsi. Senin (21/8).

Sementara itu pihak Dukcapil menerangkan bahwa data yang sebelumnya merupakan data mentah yang belum diverifikasi dan divasilidasi pihak kementerian. Ketika diverifikasi dan divasilidasi jumlahnya berkurang. Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah adanya data ganda.