Budayawan Serawai: Pemerintah Perlu Promosikan Kuliner Lokal

Ekbis  SENIN, 21 AGUSTUS 2017 , 11:41:00 WIB | OLEH: REDAKSI

Budayawan Serawai: Pemerintah Perlu Promosikan Kuliner Lokal
RMOL. Kuliner memiliki kekhasan yang membedakan satu daerah dengan daerah lainnya. Keunikan dan kelezatan citarasa mampu meningkatkan minat wisatawan terhadap masakan lokal. Skema hubungan kuliner dengan meningkatnya jumlah wisatawan ke suatu destinasi, dipandang Budayawan Suku Serawai Dali Yazid, lantaran kuliner merupakan alat promosi yang efektif.

"Bagi para pelancong yang berkunjung ke tempat-tempat wisata, selain menikmati keindahan alam, sejarah dan budaya, mereka butuh hidangan kuliner yang tidak ada di tempat mereka (wisatawan, red) berasal. Kuliner dapat menjadi sebuah alat promosi yang efektif, sebab semua orang butuh makan," katanya saat ditemui RMOL Bengkulu.com, Sabtu (19/8) kemarin.

Kekayaan rempah dan bahan baku masakan yang berpadu keindahan destinasi merupakan simbiosis mutualisme antara kuliner dan industri pariwisata. Untuk itu, Dali menyarankan agar pemerintah mendukung kuliner lokal Suku Serawai di Bengkulu Selatan agar eksis, sehingga memicu ketertarikan wisatawan untuk mencicipi.

"Suku Serawai punya kuliner khas, seperti 'pendap', yang memiliki citarasa kuat hasil perpaduan beragam rempah. Ada juga 'bagar hiu', 'lupis' dan berbagai jenis masakan lain yang juga tidak kalah nikmat. Pemerintah hanya perlu mempromosikan kuliner lokal dalam berbagai event dan festival. Sebab, saat ini saya melihat bahwa pemerintah kurang aktif dalam hal itu," katanya.

Berdasarkan data dari laman Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, subsektor kuliner memberikan kontribusi sebesar 30 persen dari total pendapatan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Industri ini dinilai potensial dalam menarik minat wisatawan terhadap suatu destinasi. [CW1]



Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Evakuasi Korban Penembakan

Evakuasi Korban Penembakan

KAMIS, 06 DESEMBER 2018 , 15:45:00

Tutup Mulut Dan Hidung

Tutup Mulut Dan Hidung

SELASA, 04 DESEMBER 2018 , 05:35:00

Impor Pangan Kebutuhan Siapa?

Impor Pangan Kebutuhan Siapa?

JUM'AT, 07 DESEMBER 2018 , 13:08:00