Full Day School Di Bengkulu Selatan Menuai Kritik

Daerah  SELASA, 01 AGUSTUS 2017 , 11:09:00 WIB

Full Day School Di Bengkulu Selatan Menuai Kritik
RMOL. Pelaksanaan Full Day School yang akan segera diterapkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkulu Selatan, menuai kritik dari para pengajar sekolah tingkat dasar.

Rencananya program itu akan diterapkan mulai Senin pekan depan (7/8), di seluruh sekolah SD/MI dan SMP/MTS yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Menurut mereka, penerapan program belajar lima hari itu terlalu dipaksakan, mengingat banyak sarana sekolah yang belum memadai.

Pengajar SD Negeri 69 Bengkulu Selatan, Wahono, mengatakan program Full Day School untuk saat ini hanya bisa diterapkan di sekolah perkotaan yang fasilitasnya telah memadai.

"Di sekolah kami yang lokasinya di desa, para siswa sering buang air kecil di selokan karena ketidaktersediaan toilet. Ditambah lagi belum adanya sarana ibadah," katanya.

SD Negeri 69 memiliki siswa sebanyak 119 orang. Sekolah ini terletak di Kecamatan Kedurang Ilir yang berjarak sekira 25 kilometer dari Ibu kota Kabupaten.

Sementara itu, Pengajar SD 22 Bengkulu Selatan, Fariza Haryani, mengatakan setuju dengan diadakannya Full Day School. Program itu baik untuk para peserta didik.

"Akan tetapi jangan sampai merubah kurikulum saat ini. Apabila kurikulum berubah, sekolah jelas tidak akan siap," katanya.

Program Full Day School yang akan diterapkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bengkulu Selatan merupakan tahap ujicoba. Sekolah hanya memindahkan jadwal hari Sabtu ke dalam jadwal hari Senin hingga Jumat.

Senior Coach Total Mind Learning (TML), Yoven P. Putra, mengatakan penambahan jam pelajaran hingga sore justru memberikan tekanan kepada para pelajar.

"Guru semestinya fokus tentang bagaimana meningkatkan konsentrasi pelajar. Penambahan jam pelajaran akan sia-sia bila pelajar tidak bisa menangkap apa yang disampaikan para guru," katanya. [CW1]

Komentar Pembaca
Pos Menko Perekonomian Dihilangkan Saja!

Pos Menko Perekonomian Dihilangkan Saja!

SELASA, 11 JULI 2017 , 15:00:00

Kinerja Sri Mulyani Mengkhawatirkan

Kinerja Sri Mulyani Mengkhawatirkan

SELASA, 11 JULI 2017 , 13:00:00

Tito Karnavian Ingin Pensiun Dini

Tito Karnavian Ingin Pensiun Dini

SELASA, 11 JULI 2017 , 11:00:00