Misteri Rajamendare : Danau Tumutan Tujuh, Surga Kecil Jatuh Ke Kaur

Nusantara  SABTU, 29 JULI 2017 , 12:10:00 WIB

Misteri Rajamendare : Danau Tumutan Tujuh, Surga Kecil Jatuh Ke Kaur
RMOL. Danau Tumutan Tujuh, surga kecil indah yang terletak di pegunungan bukit barisan wilayah Padang Guci, Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu.

Berada di dalam kawasan Hutan Lindung Rajamendare. Danau ini berada pada ketinggian 2550 Mdpl dengan luas sekitar 4 hektare. Berdasarkan penelusuran, penamaan Tumutan Tujuh merupakan cerita tetua di desa Manau Sembilan, Padang Guci.

"Di arah bukit sebelah timur ada sebuah danau yang kami sebut Tumutan Tujuh, nama itu artinya tujuh sumber mata air yang mengalir," kata Dul Samat salah seorang jurai sebutan tetua (juru kunci)di desa Manau Sembilan Padang Guci.

Dalam hal ini RMOLBengkulu.com, berkesempatan ikut dalam tim perintisan jalur  menuju kawasan eksotis di Kabupaten Kaur, bersama team MAPALA dari Kampala Faperta Unib yang tergabung dalam Patroli Sapu Jerat Harimau Sumatera.

Dul Samat menuturkan bahwa orang tua di Padang Guci atau suku Semede sering menyebut danau di kawasan hutan lindung Rajamendare adalah Tumutan Tujuh, karena puncak gunung merupakan puncak ke tujuh di sepanjang bukit barisan dari Aceh hingga Lampung, dan mengaliri 7 sungai yang berhulu di kawasan Rajamendare, yaitu Padang Guci, Air Kinal, Air Bengkenang, Air Kedurang, Air Endikat, Air Lematang, dan Air Enim.

Untuk menuju lokasi Danau ini, bukanlah perjalanan petualangan mudah, diungkapkan Prayudhi Ketua Tim eksplorasi.

"Butuh 5 hari pendakian dan pulang 2 hari atau sekitar 15 karvak dari desa Manau Sembilan dalam peta bersekala 1:50.000 kurang lebih 18 kilometer perjalanan, dengan medan perjalanan, melalui tebing-tebing curam, melintas menyusuri derasnya arus sungai cawang kidau" ungkapnya.

"Jalur pendakian selama perjalanan merintis hutan, vegetasinya sangat rapat, berupa pohon-pohon besar, dengan semak belukar yang penuh rotan manau, beberapa kali harus menyeberang anak-anak sungai Padang Guci yang arusnya masih deras di bagian hulu" Jelas Prayudhi

Perjalananng cukup melelahkan itu akhirnya terbayar, saat perjalanan terakhir dimana mata tertuju pada air danau yang tenang diantara bebatangan pohon berlumut, Danau Tumutan Tujuh yang sangat indah.

Selama perjalanan mengikuti tim Sapu Jerat Harimau Sumatera, banyak ditemukan beberapa spesies mamalia besar. Seperti owa, siamang, rusa sambar, jejak-jejak beruang, macan tutul, bahkan tak jauh dari Camp kami ada beberapa kotoran dan jejak Harimau Sumatera.

Keindahan danau Tumutuan Tujuh di ketinggian 2550 mdpl, cukup eksotis dengan suhu yang cukup dingin, sekelilingnya di penuhi pohon-pohon besar dan berlumut, yang menakjubkan danau ini seperti kaca dan airnya tak sedingin suhu udara yang mencapai 10 derajat ceslcius, Sungguh Surga kecil Jatuh di Kaur. ***

Komentar Pembaca
#PolitisiOnTheRoad: Menggugat Surya Paloh Karena Sayang
BENANG MERAH (EPS.162): Pilpres Atau Adu Jangkrik?

BENANG MERAH (EPS.162): Pilpres Atau Adu Jangkrik?

JUM'AT, 16 NOVEMBER 2018 , 19:00:00

Ma

Ma"ruf Amin Dilaporkan Ke Bawaslu

JUM'AT, 16 NOVEMBER 2018 , 13:00:00

Poster Rosjonsyah Mentereng Di Argamakmur

Poster Rosjonsyah Mentereng Di Argamakmur

KAMIS, 15 NOVEMBER 2018 , 10:11:00

Hujan Sejak Subuh, Air Mulai Genangi Jalan

Hujan Sejak Subuh, Air Mulai Genangi Jalan

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 19:50:00