Zulkifli Hasan Dukung Program Pendidikan Penguatan Karakter

Pendidikan  SABTU, 15 JULI 2017 , 12:31:00 WIB

Zulkifli Hasan Dukung Program Pendidikan Penguatan Karakter
RMOL. Ketua MPR Zukifli Hasan memberi dukungan penuh kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dalam melaksanakan kebijakan Pendidikan Penguatan Karakter (PPK) dan sistem zonasi sekolah. Zulkifli memandang, kebijakan tersebut penting demi mendorong kemajuan bangsa.

Dalam paparannya, Zulkifli mengakui, kebijakan Menteri Muhadjir tersebut memang ditanggapi pro kontra, khususnya mengenai sekolah lima hari dalam seminggu. Namun, hal tersebut tidak berarti kebijakan itu buruk. Pro kontro itu lebih karena banyak yang belum mengetahui isi program tersebut.

Ketika program tersebut sudah tersosialisasikan dengan baik, Zulkifli yakin publik akan mendukung. Dia mencontohkan kebijakan 20 persen dana pendidikan dari APBN yang digagas Amien Rais. Waktu pertama muncul, banyak protes di mana-mana.

"Namun, sekarang semua orang mendukung penuh kebijakan tersebut. Untuk program ini juga sama," kata ketua umum PAN ini.

Zulkifli menegaskan bahwa pendidikan adalah kunci kemajuan bangsa. Tanpa penguasaan ilmu pengetahuan, tak mungkin sebuah bangsa berjaya. Namun, ilmu pengetahuan bukan segala-galanya. Ilmu pengetahuan harus dilengkapi dengan nilai agama dan nilai luhur bangsa dalam bentuk karakter. Tanpa pendidikan karakter, akan lahir orang pintar tapi rakus dan tamak.

"Kalau cuma pintar, yang datang bukan kemajuan dan kemakmuran, melainkan kemunduran. Bahkan, bisa lebih jauh dari itu, akan mendatangkan kerusakan," kata Zulkifli.

Kepada para guru PAUD, Zulkifli mendorong untuk mengajarkan karakter bangsa kepada para anak didiknya. Dengan pendidikan sejak diri, karakter bangsa itu akan terpatri di sanubari anak. Sebab, usia PAUD adalah usia emas.

"Pendidikan akan mewarnai alam pemikiran dan pada akhirnya membentuk perilaku anak bangsa. Seperti saat ini, hangat gonjang-ganjing soal pancasilais dan tidak pancasilais. Tanpa pemahaman yang baik tentang Pancasila, akan banyak yang dipersepsikan secara serampangan bahkan dipersepsikan sendiri-sendiri, yang malah menimbulkan konflik," terangnya.

Mendengar ini, Mendikbud Muhadjir Effendy menyatakan terima kasih atas dukungan Zulkifli. Dia pun berharap, seluruh elemen bangsa dapat memberikan dukungan yang sama untuk kemajuan pendidikan nasional.

"Pendidikan nasional akan maju jika seluruh elemen masyarakat menyadari pentingnya pendidikan yang berkualitas. Berkualitas tidak perlu mahal. Pendidikan yang baik yang bisa menjangkau seluruh rakyat Indonesia, dan itu yang sedang diupayakan Pemerintah," tutupnya. [Y21]

Komentar Pembaca
Pos Menko Perekonomian Dihilangkan Saja!

Pos Menko Perekonomian Dihilangkan Saja!

SELASA, 11 JULI 2017 , 15:00:00

Kinerja Sri Mulyani Mengkhawatirkan

Kinerja Sri Mulyani Mengkhawatirkan

SELASA, 11 JULI 2017 , 13:00:00

Tito Karnavian Ingin Pensiun Dini

Tito Karnavian Ingin Pensiun Dini

SELASA, 11 JULI 2017 , 11:00:00