Dikbud Ingatkan Sekolah Terima Siswa Dari Luar Kota Bengkulu

Pendidikan  RABU, 05 JULI 2017 , 14:49:00 WIB | LAPORAN: OGI MANSYAH

Dikbud Ingatkan Sekolah Terima Siswa Dari Luar Kota Bengkulu
RMOL. Penerimaan siswa baru tahun ajaran 2017, dinilai rentan dengan kecurangan dengan adanya peraturan penerimaan siswa berdasarkan Zonasi tempat tinggal calon siswa.

Disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu, Firman Jonaidi kepada RMOLBengkulu.com, pihaknya akan memberi sanksi tegas sampai pencopotan Kepala sekolah yang melanggar aturan penerimaan siswa.

"Sesuai dengan aturan terbaru, Permendikbud nomor 17 tahun 2017 dan Perwal nomor 24 tahun 2017, tentang penerimaan peserta didik baru pada Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Peratama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejujuran atau bentuk lain yang sederajat, yang mana mengatur penerimaan siswa baru bersadarkan zonasi alamat yang terdekat," kata Firmaan, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (5/7).

Kemudian lanjut Firman, Sesuai dengan aturan, 90 persen siswa berdasarkan zona, alamat terdekat, 5 persen untuk orang tua pindah tugas atau pindah penduduk dan 5 persen untuk siswa berprestasi.

"Dengan aturan tersebut maka jelas yang dari Kabupaten mau Sekolah ke Kota tidak bisa, karena tujuan dari aturan tersebut untuk pemerataan siswa di sekolah-sekolah, kalau ada sekolah yang menerima siswa diluar kota berarti itu melanggar dan akan kita beri sanksi yang tegas apalagi terjadi sogok menyogok," tegas Firman.

Menurut Firman, sejauh ini dari pantauan belum ada sekolah yang terindikasi melakukan penerimaan siswa baru dari kabupaten lain yang tidak sesuai dengan aturan berlaku. Dan diingatkan untuk itu kepada pihak sekolah terutama kepala sekolah agar dapat benar-benar memantau penerimaan siswa baru ini supaya tidak melanggar aturan.

"Jika ada yang menerima dari luar Kota Bengkulu dengan tidak mengikuti aturan maka kepala sekolahnya akan ditindak tegas," ujarnya. [R90]

Komentar Pembaca
Pos Menko Perekonomian Dihilangkan Saja!

Pos Menko Perekonomian Dihilangkan Saja!

SELASA, 11 JULI 2017 , 15:00:00

Kinerja Sri Mulyani Mengkhawatirkan

Kinerja Sri Mulyani Mengkhawatirkan

SELASA, 11 JULI 2017 , 13:00:00

Tito Karnavian Ingin Pensiun Dini

Tito Karnavian Ingin Pensiun Dini

SELASA, 11 JULI 2017 , 11:00:00