Home
 
 
DAERAH

Ratusan Kilometer Jalan Lintas Provinsi di Lebong Rusak
Senin, 19 Juni 2017 , 13:03:00 WIB
Laporan: Alexander

  
RMOL. Empat ruas jalan lintas yang berstatuskan jalan provinsi di Kabupaten Lebong saat ini mengalami kerusakan. Tercatat jalan provinsi yang membentang di Lebong sepanjang 133 kilometer, namun hanya 30 persen yang dalam kondisi layak.

Dari 133 kilometer jalan provinsi 30 persennya dinyatakan dalam kondisi layak. Selebihnya 103 kilometer atau 78 persen dari jalan tersebut mengalami kerusakan berat, sedang maupun ringan.

Kerusakan jalan lintas provinsi tersebut, terjadi di Kabupaten Lebong mencapai lebih dari 300 titik.

Dikatakan Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRP) Kabupaten Lebong, Doni Swabuana, kerusakan jalan ini sudah terjadi sejak tahun 1992. Namun, hingga saat ini jalan provinsi tersebut belum seutuhnya mendapatkan perbaikan.

"Memang jalan provinsi yang menghubungkan Lebong-Curup maupun dari Bengkulu Utara-Lebong masih banyak yang berlobang, dan itu belum mendapatkan perbaikan seutuhnya dari provinsi," kata Doni kepada RMOLBengkulu.com.

Perbaikan jalan provinsi yang selama ini bukan tidak pernah dilakukan, tetapi  hanya sebatas pemeliharaan dan perbaikan tambal sulam saja. Kerusakan diperparah lagi dengan banyaknya kendaraan angkutan berat yang melintasi jalan tersebut, seperti truk milik PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) dan tiga perusahaan lain yang ada di Lebong.

"Jika hanya melakukan tambal sulam, tentu saja daya tahan jalan tersebut tidak dapat dijamin bertahan lama. Kemungkinan bertahan hanya kurang dari 1 tahun," terangny. [A11]

 

Comments

"Percepat Pendidikan Yang Merata Dan Berkualitas", Pemkot Gelar Upacara Hardiknas

Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), dengan mengangkat tema Perce ...

 

Baca Juga

Novel Tunjuk Hidung Jenderal Kasus Penyiraman Air Keras
Agung Laksono: Ridwan Mukti Bersikap Ksatria
Peserta Lelang Sekda Bengkulu Utara Masih "Sepi" Peminat