Home
 
 
HUKUM

Potongan Besi dan Kerangka Baja Curian Diamankan Bakamla RI
Senin, 19 Juni 2017 , 12:37:00 WIB
Laporan: Yetti Rahmadani

  
RMOL. Ribuan kilogram potongan besi dan kerangka baja yang diduga merupakan hasil curian berhasil diamankan dari tiga unit motor sungai melalui di Perairan Muara Padang, Banyuasin, Sumsel, Minggu (18/6).

Pengamanan tiga unit motor sungai tersebut dilakukan oleh Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI melalui Operasi Patroli Gabungan bersama Polairud yang melibatkan unsur KP Sei Enim 3003 dan KP Sei Rambang 3004 yang dipimpin Ipda Imam Shokibi.

Penangkapan itu berawal pada Minggu siang ketika kapal sedang melakukan tugas patroli, pengamanan di Perairan Jalur 10 Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin, Sumsel.

Melihat tiga unit motor sungai yang saat itu sedang beroperasi mengangkut tumpukan potongan besi dan kerangka baja, pihaknya melakukan penghentian dan pemeriksaan. Diketahui tiga motor sungai tersebut membawa total muatan 3000 kilogram potongan besi dan 600 kilogram kerangka baja. Ketiga motor tersebut yaitu MS Cinta Keluarga membawa 1 ABK, MS Lembaran Baru, dan MS Harapan Baru.

Muatan diduga merupakan hasil dari kejahatan pencurian dan penadahan milik PT. Oki Pulp. Hal ini dibenarkan oleh Charles, Staf Legal PT. Oki Pulp yang berhasil dihubungi dalam koordinasi lanjut yang dilakukan.

Menurut pengakuan Charles, benar bahwa potongan besi dan kerangka baja yang berhasil diamankan dalam patroli Bakamla RI itu milik mess PT. Oki Pulp, yang diduga diperoleh dengan cara dicuri dan dijual kepada tiga motor tersebut.

Terhadap tindak pidana pencurian dan penadahan tersebut, ketiga nakhkoda dan ABK beserta barang bukti muatan dikawal untuk selanjutnya dilimpahkan ke Subdit Gakkum Dit. Polairud Polda Sumsel. [Y21]


Comments

"Percepat Pendidikan Yang Merata Dan Berkualitas", Pemkot Gelar Upacara Hardiknas

Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), dengan mengangkat tema Perce ...

 

Baca Juga

Novel Tunjuk Hidung Jenderal Kasus Penyiraman Air Keras
Agung Laksono: Ridwan Mukti Bersikap Ksatria
Peserta Lelang Sekda Bengkulu Utara Masih "Sepi" Peminat