Hari Bumi, Himasylva PCSI UNIB dan IPKL "Nanam"

Pendidikan  KAMIS, 20 APRIL 2017 , 09:41:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

RMOL.  Himpunan Mahasiswa Sylva Cabang Sylva Indonesia (Hima Sylva PCSI) Universitas Bengkulu (UNIB) bekerjasama dengan Ikatan Pemuda Kabupaten Lebong (IPKL) akan menggelar kegiatan menanam 1000 pohon  di Kabupaten Lebong.

Kegiatan itu dalam rangka memperingati Hari Bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April. Kegiatan itu, rencananya akan melibatkan ratusan perwakilan pengurus Hima Sylva PCSI UNIB, IPKL, masyarakat Desa Turan Tiging Kecamatan Lebong Selatan, termasuk perwakilan pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong dengan melakukan penanaman pohon secara simbolis pada hari Sabtu mendatang (22/4/2017).  

Dijelaskan, Kepala Bidang (Kabid) Pengabdian Masyarakat, Wilzen, kegiatan ini untuk menggugah kepedulian masyarakat soal lingkungan hidup, terutama kebersihan dan kenyamanan lingkungan. Sebab, kenyataan yang dihadapi sekarang sangat memprihatinkan lantaran pohon ditebang hanya untuk kepentingan yang lain. Padahal, satu pohon memiliki sejuta manfaat bagi kelangsungan hidup berbagai makhluk karena akan tersedia udara, air yang bersih dan bisa mencegah terjadinya pemanasan global.

"Seperti halnya Air Ketahun di Lebong kerap digunakan berbagai macam kebutuhan, mulai dari pembangkit tenaga listrik, pembangunan infrastruktur,  wisata dan kebutuhan air untuk lahan pertanian. Tentu dengan penanaman 1000 pohon ini, harapan kita air ketahun ini jangan di manfaatkan  saja, namun semua yang memanfaatkan air tersebut, seharusnya melestarikan juga," kata Wilzen, Senin, (17/4/2017)

Sementara itu, Ketua Panitia Meyer Siregar menambahkan, dari ribuan bibit yang akan ditanam terdapat beberapa jenis bibit pohon, antara lain bibit pohon Sengon, Pala, Kayu Bawang dsb. Sebelum memulai kegiatan, terlebih dahulu diberi arahan mengenai teknis penanaman agar akar tanaman tidak rusak ketika ditanam serta pemahaman pentingnya pohon, yang akan di isi oleh pihak Akademik Jurusan Kehutanan UNIB.

Disisi lain, Hima Sylva PCSI UNIB  sebenarnya hanya akan melakukan kegiatan jelajah hutan di Lebong. Namun usai bekordinasi dengan IPKL, keduanya sepakat untuk melakukan aksi penanaman 1000 pohon di Kabupaten Lebong, dalam rangka memperingati hari bumi.

"Tidak seluruh bibit itu akan ditanamkan di Desa Turan Tiging, namun sebagian  bibit itu nantinya akan kita serahkan kepada IPKL untuk melanjutkan ke beberapa titik wilayah yang nantinya di anggap perlu. Apalagi, penanaman ini untuk pemetaan dimana saja yang perlu ditanam dan kita serahkan dengan IPKL," ujarnya.

Sebenarnya, bukan kali ini saja Hima Sylva PCSI UNIB melakukan kegiatan berbasis lingkungan. Namun, kegiatan ini merupakan kegiatan rutinitas mereka selama setahun sekali.  Hanya saja , tahun ini dipusatkan di Kabupaten Lebong.

"Harapan kita, semoga kegiatan ini nantinya membiasakan diri untuk melestarikan hutan. Apalagi di kabupaten Lebong ini, hutannya sangat indah dan luar biasa," demikian Meyer. [A11]



Komentar Pembaca
AM Fatwa Sang Pejuang Sejati

AM Fatwa Sang Pejuang Sejati

KAMIS, 14 DESEMBER 2017 , 13:00:00

Pembacaan Sumpah Pemuda Secara Serentak

Pembacaan Sumpah Pemuda Secara Serentak

RABU, 13 DESEMBER 2017 , 11:00:00

Lawatan Rizal Ramli Di Maluku Utara

Lawatan Rizal Ramli Di Maluku Utara

SABTU, 02 DESEMBER 2017 , 17:00:00