Home
 
 
DAERAH

Menarik Minat Baca Warga, Bengkulu Selatan Torehkan Prestasi Dengan MURI
Kamis, 23 Februari 2017 , 16:29:00 WIB
Laporan: Yetti Rahmadani

  
RMOL. Keinginan Bupati Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud, menarik minat masyarakat untuk membaca guna meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas pengetahuan menorehkan sejarah baru dan prestasi cemerlang dengan tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Gerakan Bengkulu Selatan Membaca (GBSM) 2017 ini, dapat menarik sebanyak 131 ribu peserta. Sehingga MURI memberikan apresiasi serta dukungan yang luar biasa terhadap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Selatan karena mampu memecahkan rekor MURI dengan kategori pendidikan dengan sempurna.

Dikatakan Dirwan Mahmud kepada RMOL Bengkulu, GBSM ini merupakan rangkaian dari kegiatan memperingati hari jadi Bengkulu Selatan yang ke 68, dimana pada tahun sebelumnya selalu dimeriahkan dengan kembang api dan artis ibu kota, namun saat ini dirinya mengaku ingin melakukan suatu perbedaan dengan mengajak seluruh maayarakat untuk meningkatkan minat membaca agar dapat meningkatkan mutu pendidikan dan meningkatkan pengetahuan.

Dengan demikian menurutnya, kedepan masyarakat dapan berperan aktif dalam memantau pembangunan dan ikut serta dalam meningkatkan tarap hidup dengan cara aktif membaca. Dengan itu perpustakaan daerah harus menjadi pusat baca untuk masyarakat, guna membiaskan diri menambah pengetahuan.

"Selama ini cukup selalu berpesta pora, saatnya masyarakat harus cerdas membangun diri dan juga daerahnya dengan cara membaca, karena dengan membaca akan banyak mendapat pengetahuan dan peluang usaha, sehingga menjadikan masyarakat Bengkulu Selatan yang berkualitas," kata Dirwan.

Dirwan menegaskan, kedepannya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bengkulu Selatan, akan melakukan pelatihan teknologi informasi dan pemeberdayaan masyarakat melalui perpustakaan daerah. Dengan cara penerapan pengembangan hingga ke setiap kecamatan dan desa-desa di Kabupaten Bengkulu Selatan. Dimana saat ini minat baca masyarakat sudah meningkat signifikan hingga mencapai 300 sampai 400 orang pengunjung per harinya.

"Insya allah kita sudah mempersiapkan perpustakaan daerah akan dibangun dengan megah dengan 4 lantai, jadi di perpustakaan semua informasi dapat diperoleh dengan mudah," terangnya.

Menurut Senior Manajer MURI, Awan Rahargo piagam penghargaan yang diberikan pada Bupati Bengkulu Selatan, Dirwan Mahmud merupakan pemecahan rekor MURI ke 7.828 terhitung sejak tahun 1990. Rekor MURI membaca di 'Bumi Sekundang Setungguan' tidak hanya untuk pengukuhan. Namun, suatu karya dalam menggelorakan minat baca masyarakat patut diapresiasi.

"Kegiatan minat baca yang diselenggarakan ini sangat kita dukung, program yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan yang bercita-cita menjadikan masyarakatnya cerdas, pintar dan maju," jelas Awan Rahargo.

Turut hadir dalam memeriahkan GBSM Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, DPR RI Dewi Coryati, Direktur Perpuseru CCFI (Coca-Cola Foundation Indonesia) Erlyn Sulistyaningsih, Ketua DPRD Bengkulu Selatan dan FKPD Bengkulu Selatan.[Y21]


Comments


 

Baca Juga

Jika Ahok Jadi Tersangka, Ini Skenario Pilgub Versi Gerindra
SMS Ahok: Umat Islam Halal Pilih Pemimpin Non Muslim
NasDem: Fahri Hamzah dan Fadli Zon Mencoreng Muka DPR!